2 Asal Usul Sundel Bolong Menurut Orang Jawa (Wajib di Baca !)

Ahsaniku – Jika Anda adalah penggemar film horor, tentu saja Anda sudah tahu karakter hantu ini. Ya, Sundel bolong adalah salah satu figur hantu yang dikenal karena wajahnya yang cantik, rambut panjang dan gaun putih panjang, tetapi memiliki lubang besar di punggungnya. Sosok hantu ini cukup menyeramkan karena hantu ini sering menculik bayi atau anak kecil untuk di makan secara hidup hidup.

Mungkin ada banyak orang yang berpikir bahwa sundel bolong ini adalah sosok yang fiktif atau tidak nyata, bahkan Anda perlu mengetahui apakah sundel bolong yang mematikan ini sebenarnya ada atau tidak. Di pulau Jawa ada beberapa yang mengklaim melihat dengan baik hantu sundel bolong tersebut. Nah berikut asal usul sundel bolong yang perlu Anda ketahui.

(baca juga : asal usul tuyul)

2 Asal Usul Sundel Bolong Menurut Orang Jawa

1. Menurut Versi Pertama

Asal Usul Sundel Bolong
Ilustrasi : Punggung Sundel Bolong
Asal-usul Sundel bolong berasal dari masyarakat di pulau Jawa, itu ditetapkan dari asal-usul hantu sundel bolong adalah berasal dari seorang wanita yang meninggal karena perkosaan oleh seorang pria. Perempuan itu mati sengsara ketika dia dikuburkan, dan ternyata dia melahirkan anaknya di kubur.

Sekarang anak yang lahir di makam tersebut berubah menjadi tuyul, sementara wanita itu kemudian mengembara dan bermaksud untuk membalas dendam pada orang yang membunuhnya. Mitos itu terjadi bahwa si sundel bolong mencuri bayi yang baru lahir. Dikatakan bahwa sundel bolong mirip dengan cerita dari generasi ke generasi si penculik bayi.

Arti kata  “Sundel bolong ” diambil alih dari bahasa Jawa. Yaitu, yang berarti itu seorang wanita murah atau pekerja seks komersial yang juga disebut sebagai pelacur. Sementara kata Bolong dalam bahasa Jawa adalah lubang tembus cahaya. Jadi arti dari Bolong adalah dengan lubang tembus di punggungnya.

Pada dasarnya, sundel bolong tidak banyak berbeda dari Kuntilanak, tetapi perbedaan antara keduanya pada Kuntilanak ada jarum di kelapanya sedangkan sundel bolong adalah lubang besar di punggungnya. Beberapa cerita mengatakan lubang besar di punggungnya adalah akibat dari melahirkan anaknya, tetapi baik Kuntilanak dan Sundel bolong keduanya adalah hantu yang menyeramkan.

2. Menurut Versi Kedua

Sundel Bolong
Ilustrasi : Sundel Bolong
Menurut mitos yang tersebar di masyarakat Jawa, dikatakan bahwa sundel bolong ini dapat berdandan sebagai seorang wanita cantik yang suka berjalan di malam hari untuk mencari mangsa. Hal ini diperparah oleh pengakuan dari banyak orang yang mengatakan mereka sering menemukan ada seorang wanita cantik yang menangis di malam hari, tapi aneh ketika wanita tersebut sambil tertawa seram.

Dalam cerita lain, yang berasal dari seorang pedagang bakso bernama Siswono, ada seorang wanita cantik yang memesan bakso nya yang sengaja dihidangkan di Suro pada Jumat malam. Siswono tidak curiga pada awalnya karena wanita itu umumnya seperti seorang wanita muda, tapi anehnya wanita memesan bakso sangat banyak, bahkan ia memesan 30 porsi besar bakso.

Setelah wanita itu memberi uang kepada Siswono, wanita itu telah pergi ke suatu tempat, Siswono terkejut ketika bakso tersebut dimakan di jalan, sementara uang yang ia berikan adalah daun, akhirnya Siswono berlari dan bergabung dengan RT setempat dan melaporkannya.

Cerita di atas perlu diperiksa perlu diselidiki lebih lanjut, tetapi ketika kita melihat hipotesis sejarah, tampaknya bahwa sundel bolong benar ada di dunia ini. Mungkin itulah yang bisa kami sampaikan tentang asal usul sundel bolong ini. Semoga bisa menambah wawasan kalian semua.
  Asal Usul Watu Dodol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *