6+ Cara Download Buku di Google Book Paling Mudah dan Cepat

Ahsaniku - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara download buku di google book. Sebelum dunia internet menjadi lebih progresif dan lebih lengkap, kita perlu untuk membeli atau meminjam kamus atau buku yang kita inginkan untuk membacanya di rumah. Sekarang, bagaimanapun dan dimanapun kita dapat dengan mudah menemukan banyak buku dan kamus yang dapat dibaca secara online, khususnya di situs Google Books.

Sebagai fasilitas yang disediakan oleh google untuk pencarian buku-buku elektronik (ebook), tidak  semuanya ebook dapat dibaca secara full priview, karena ada izin dari penerbitnya. Proyek perpustakaan digital Google telah bekerja dengan beberapa perpustakaan dan penerbit buku di seluruh dunia, sehingga buku-buku ini juga tersedia dalam berbagai bahasa dunia.

Banyak buku populer yang tersedia di Penelusuran Google. Kalian hanya memasukkan judul buku dan Google akan menampilkan semua buku-buku yang berkaitan dengan judul yang kalian masukkan itu. Buku ini dapat dibaca secara online, tetapi untuk men-download buku tersebut, Google tidak memberikan link download langsung pada laman Google Books.

Untuk mengunduh dan membacanya secara offline diperlukan adanya trik, baik dengan aplikasi pihak ketiga, atau secara manual di melalui situs tertentu, sehingga kalian dapat menyimpannya dalam folder pada komputer dalam PDF format. Nah berikut ini beberapa cara download google book yang bisa kalian ikuti, silahkan disimak.

1. Cara Download Google Books dengan GooReader

Cara Download Google Books dengan GooReader
Ilustrasi : GooReader
Membaca buku secara online sekarang ini sangat mudah, dan dengan menggunakan GooReader ini membuatnya bahkan lebih mudah. GooReader adalah sebuah aplikasi laptop yang memungkinkan kita untuk melihat isi, mendownload dan membaca buku dan majalah yang dapat kita temukan dalam Penelusuran Google Books tanpa harus mencarinya lewat web browser.

Tampilan GooReader ini membuat pembaca buku dan majalah online jauh menajadi lebih nyaman. Kita dapat membuka halaman demi halaman hanya dengan gerakan mouse. Apikasi GooReader ini tersedia dalam versi gratis dan juga berbayar di website resmi GooReader.com. Tentu saja, versi gratis ini terbatas fiturnya dibandingkan dengan versi bayar.

Namun, versi gratis dari aplikasi ini juga sangat membantu bagi mereka yang ingin membaca buku atau majalah online di Google Books. Aplikasi ini dapat digunakan pada komputer yang menggunakan sistem operasi Windows XP, Vista dan Windows 7 dengan .net Framework 3.5 SP1. Nah untuk petunjuk cara menggunakan GooReader ini bisa baca selengkapnya melalui link dibawah ini.

2. Download Buku di Google Book Di Android

Download Buku di Google Book Di Android
Ilustrasi : Aplikasi Google Books
Aplikasi Google Books untuk untuk android juga mempermudah kalian download buku-buku dari Google Books. Kalian juga dapat membuat dan desain di library ebook kalian sendiri, yang tentunya lebih mudah di oprasikan aplikasi Google Book ini. Tiak hanya itu, karena sekitar 3 juta eBooks dapat diakses dan dibaca secara gratis.

Dengan Google Books ini kalian dapat menginspirasi untuk membaca dan mengenali semua pengetahuan yang bahkan lebih dari itu. Kalian juga tidak membutuhkan sebuah laptop untuk browsing internet atau mengunjungi kafe untuk membaca atau men-download e-book yang kalian inginkan. Dengan akses internet seluler yang disalurkan melalui perangkat ini, kalian dapat membaca buku di mana saja kalian mau.

3. Cara Download Google Books Tanpa Software

Cara Download Google Books Tanpa Software
Ilustrasi : Books43.com
Sebagian besar pengguna internet mengeluh karena kesulitan ketika mereka membaca buku yang mereka inginkan dalam penelusuran Google Books. Beberapa ada yang mencoba untuk mendownload buku gratis menggunakan Internet Download Manager (IDM) agar lebih mudah baca buku secara offline. Namun kalian juga bisa download Google Book tanpa software dengan cara dibawah ini:
  • Kunjungi situs books43.com
  • Daftarkan diri kalian disitus tersebut
  • Kemudian catat judul buku yang ingin kalian download 
  • Lalu paste judul tersebut pada pencarian di situs books43.com dan Cari. 
  • Setelah itu link Download akan terbuka
  • Selesai 

4. Cara Ampuh Download Google Book Penuh Full Halaman

Meskipun tidak semua halaman akan ditampilkan. Beberapa ada yang mengeluh setelah sukses download, banyak halaman buku yang tidak dapat dibaca. Biasanya, apa yang didownload menggunakan software Google Book downloader, kalian tidak diberikan izin untuk membacanya secara keseluruhan.

Lalu, bagaimana bisa kita kemudian download yang belum terbaca tadi? caranya mudah sekali, kalian hanya membutuhkannya aplikasi Mozillacacheview yang bisa digunakan pada browser mozilla firefox. Berikut adalah caranya :
  • Download aplikasi MozilaChaceView melalui link ini. Setelah men-download, ekstrak file tersebut dan buka isi folder untuk menjalankan aplikasi MozillaChaceView.
  • Langkah berikutnya adalah untuk buka halaman buku yang belum terdownload.
  • Kemudian buka aplikasi MozillaChaceView dan menentukan lokasi folder Chache Firefox pada komputer kalian. 
    Chache Firefox
  • Lalu pilih opsi "Load only cache files from the last" dan masukkan 30000 bytes
  • Filter dengan mengklik ikon cache filter dan tuliskan "books.google.co.id "
    cache filter
  • Kemudian akan muncul file dalam bentuk gambar yang ukurannya cukup besar dibandingkan dengan yang lain. Lalu kalian klik kanan pada mouse dan Simpan gambar di laptop.
  • Ketika dirasa sudah selesai download halaman yang tidak terdownload tadi, segera urutkan dengan menggunakan Ms.Word dan convert menjadi file PDF.
  • Selesai

5. Cara Download Buku di Google Book Lewat Laptop

Cara Download Buku di Google Book Lewat Laptop
Ilustrasi : Google Books Downloader
Dengan menggunakan laptop, kalian juga bisa mendownload buku dari google ini dengan mudah. Kalian hanya perlu menggunakan software tertentu dan buku dari google ini bisa kamu miliki sepenuhnya. Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa Google Books ini adalah fitur pencarian layanan untuk buku yang tersedia di halaman pencarian Google.

Selain itu, pengguna dapat mengetahui sampul buku, penulis, tahun nomor halaman di publikasikan dan bisa juga untuk membeli buku. Ada juga fungsi untuk menampilkan buku secara terbatas dari sebagian isi buku sepenuhnya, biasanya yang ditampilkan hanyalah bagian pembuka dari buku tersebut.

Fitur ini disebut Pratinjau, sebuah program pemasaran buku gratis yang memungkinkan penerbit dan penulis untuk mempromosikan buku secara gratis, sehingga mudah untuk menemukan potensi buku-buku mereka oleh pembaca di seluruh dunia. Link juga mengarah pada penerbit situs, dimana pengguna dapat membeli buku langsung secara online.

6. Cara Download Buku di Google Book dengan IDM

Selain cara-cara yang sudah kami tuliskan diatas, kalian juga mendownload buku dari Google Books ini menggunakan software IDM. Untuk caranya sendiri kalian bisa mengikuti langkah langkah dibawah ini :
  • Buka browser Mozilla dan klik link ini untuk install GreaseMonkey
  • Lalu klik http://userscripts-mirror.org/scripts/show/37933 dan klik Instal pada menu bawah
  • Jika sukses, lalu buka halaman Google Books yang ingin kalian download
  • Pada sebelah kiri atas klik Download This Book
    Download This Book
  • Kemudian klik Get Download Links
    Get Download Links
  • Setelah itu klik kanan dan klik Download all link with IDM
    Download all link with IDM
  • Lalu centang semua file pada IDM dan klik OK
    Centang IDM
  • Selesai.
Itulah yang bisa kami sampaikan terkait dengan cara download buku di google book paling mudah, dan tentunya kalian pasti sudah mendapatkan buku yang kalian sayangi dengan beberapa cara diatas. Semoga ini bisa bermanfaat bagi kalian semua.

1 Response to "6+ Cara Download Buku di Google Book Paling Mudah dan Cepat"

  1. Akhirnya, bisa juga download buku dari google books ini, meskipun ada beberapa halaman yang terpotong, tapi tak apalah. Setidaknya halaman yang memang saya butuhkan ikut terdownload. Terimakasih sobat

    BalasHapus