3 Asal Usul Pocong Menurut Beberapa Versi, Serem Banget !

Ahsaniku – Siapa yang tidak tahu sosok hantu menyeramkan ini? Ya, Pocong adalah salah satu hantu yang paling diburu dan ditakuti semua orang, bahkan Pocong ini masih sering ditemukan oleh banyak manusia, baik di kota atau di pedesaan. Jadi jangan heran ketika hantu Pocong abad ke-21 jika dibandingkan dengan hantu lainnya masih cukup populer. Kalau kita bicara tentang hantu Pocong, tentu saja kita tidak bisa lepas dari asal-usul Pocong.

Beberapa sumber ada yang mengatakan asal usul Pocong adalah karena manusia yang meninggal ketika tali Pocong tidak dilepaskan saat dikuburkan, Roh tersebut terus meminta bantuan untuk membuka Tali Pocongnya. Menurut informasi dari berbagai sumber, mengatakan setidaknya ada tiga versi membahas asal-usul hantu Pocong, hal ini diperkuat oleh argumen dari beberapa orang pintar dan ahli supranatural. Untuk lebih jelasnya, asal-usul Pocong diringkas dibawah ini.

(baca juga : asal usul jelangkung)

3 Asal Usul Pocong Menurut Beberapa Versi

1. Menurut Versi Pertama

Pocong Pocongan
Ilustrasi : Pocong Pocongan
Cerita ini berawal di daerah Banyumas di Jawa Timur, yang menceritakan kepada kita bahwa Pocong adalah dari seorang wanita yang meninggal pada awal bulan Suro. Nah masyarakat ketika menguburkan tubuhnya ternyata lupa melepas tali Pocongnya, meskipun nenek moyang kita mengatakan bahwa tali Pocong ini tidak masalah jika tidak di buka. Akibat mayat wanita itu menjadi Pocong

2. Menurut Versi Kedua

Pocong Seram
Ilustrasi : Pocong Seram
Seperti versi pertama dari cerita diatas, cerita versi kedua tentang Pocong dikatakan berasal dari daerah Ponorogo, yang disebutkan di dalam Kerajaan Buddha Hindu ada seorang dukun magis yang sangat kuat, dukun itu bisa membunuh orang dengan menggunakan bantuan Jin/Iblis.

Menurut masyarakat, dukun itu menggunakan media dalam bentuk tubuh wanita perawan yang meninggal di bulan Suro. Dukun memerintahkan Jib/Iblis untuk masuk ke dalam tubuh mayat ini, dengan bantuan mayat ini telah, dukun tersebut membunuh korbannya. Konon nama Pocong diambil dari nama korban yang dibunuh, Poncowati, yang mati mengerikan karena didampingi oleh dukun.

3. Menurut Versi Islam

Pocong Hitam
Ilustrasi : Pocong Hitam
Hantu Pocong versi ketiga adalah cerita dari sudut pandang Islam. Tidak ada Roh gentayangan dalam agama Islam, tetapi yang ada adalah Iblis dan Jin. Tentu saja, alam jin adalah sebuah daerah yang jinnya sendiri yang tahu, dan daerah jin adalah terpisah dan berbeda dari daerah manusia, tetapi keduanya masih hidup di dunia yang sama, umumnya Jin atau setan tinggal di rumah yang jarang di huni.

Baik manusia maupun Jin memiliki kesamaan bahwa Allahlah yang harus disembah. Pocong menurut Islam, berasal dari kelompok jin jahat atau Iblis yang berubah menjadi Pocong untuk mengganggu orang. Hal ini sesuai dengan Al-hadist dan Al-Quran bahwa tugas Jin atau Iblis sebenarnya adalah untuk mengganggu anak adam sampai akhir dunia.

Itulah yang bisa kami sampaikan terkait dengan asal usul pocong yang mungkin bisa menambah wawasan kalian, tentu harus disertakan dengan pemahaman agama supaya tidak tersesat dengan pemahaman yang salah. Terimakasih sudah berkunjung
  Asal Usul Gunung Bromo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *