3+ Tutorial Cara Memakai Hijab Segi Empat Modern Terbaru 2019

Ahsaniku – Kesempatan kali ini kami akan membahas cara memakai hijab segi empat, Wanita adalah makhluk terindah yang diciptakan oleh Allah SWT. Wanita lebih suka berhias, memakai hijab dan menyukai pernak-pernik karena itulah memang salah satu kodrat dari seorang wanita. Wanita memiliki banyak kebiasan seperti harus menjaga sikap, penampilan, berbicara dan sebagainya. Sebagian orang jawa berkata bahwa wanita (Wanito) yaitu “wani di toto”

Kata tersebut bermaksud bahwa seorang wanita memang mau untuk ditata secara keseluruhannya, baik dari kepribadian, tutur kata serta perilakunya yang baik. Selain itu, wanita dapat ditata pula dalam bentuk dan pakaiannya. Sejauh ini, dapat dilihat dari berbagai sisi, contoh dari segi pakaian saja, laki-laki tetap monoton dalam berpenampilan dengan bentuk baju yang begitu-begitu saja, akan tetapi untuk wanita ada saja model pakaian mulai dari yang biasa hingga model yang luar biasa.

Kewajiban Memakai Hijab

Kewajiban Memakai Hijab
Ilustrasi : Kewajiban Memakai Hijab
Membahas wanita muslimah, tentu sudah ada gambaran dalam benak kita dengan penampilan dan ciri khas jilbabnya. Sering pula terdengar jelas dalam telinga kita bahwa perhiasan terindah di dunia adalah wanita shalihah, artinya wanita yang berperilaku baik, dapat menjaga muru’ah atau harga dirinya. Di dalam Islam, muslimah diwajibkan menutup aurat hingga ada ketentuan yang harus dijalankan.

Untuk dapat menutup aurat seorang muslimah ada beberapa versi dan perbedaan penyebutan mulai dari hijab, jilbab atau kerudung. Sebutan wanita berhijab adalah wanita muslimah yang mengenakan baju untuk menutupi semua aurotnya kecuali muka, telapak tangan, dan telapak kai. Sedangkan jilbab atau kerudung adalah penutup aurat pada bagian kepala, leher hingga sebagian badan.

Ketentuan cara memakai hijab atau kerudung banyak disinggung di dalam Al-Qur’an, salah satunya adalah di dalam surat An-Nur: 31

Artinya: Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung kedadanya,……”

Jilbab bukanlah pakaian yang dipakai muslimah hanya sebagai pelengkap atau sekedar dipakai agar tampil berbeda, karena selain di dalam Al-Qur’an, di dalam Al-Hadits juga menjelaskan bahwa wanita harus menutup aurat dengan memakai hijab atau jilbab. Jadi bagi wanita muslimah bersyukurlah yang memakai jilbab dan tidak usah takut dengan ucapan sok suci atau sebagainya karena mungkin mereka belum mendapatkan petunjuk dari-Nya.

Keutamaan Memakai Hijab

Keutamaan Memakai Hijab
Ilustrasi : Keutamaan Memakai Hijab
Berbahagialah wanita yang mengenakan jilbab karena wanita yang dapat menjaga dirinya dan menutup auratnya, disediakan syurga baginya. Dan bagi yang belum terbiasa memakai semoga mendapat hidayah untuk nyaman dan bangga serta membiasakan berjilbab. Selain memang dianjurkan oleh syar’i, banyak manfaat lain yang didapatkan oleh wanita berjilbab. Diantaranya adalah:
  • Terasa lebih dekat dengan Allah dan bathin terasa bersih
  • Menaati syari’at dengan menutupi aurat
  • Terlihat lebih cantik, bersih dan rapi
  • Terhindar dari godaan orang yang tidak sopan dan centil
  • Rambut tidak terkena cahaya matahari sehingga rambut menjadi sehat
  • Terhindar dari kanker kulit
  • Menutupi masalah yang ada dikepala/ rambut
  • Terdorong untuk berperilaku baik
  • Dapat meminimalisir biaya perawatan rambut
  • Bagi ibu, lebih mudah dimana saja untuk memberikan ASI kepada anak.
Selain banyak manfaat yang didapat dari beljilbab, tentu wanita yang berjilbab juga memiliki kehebatan lain. Contoh saja ketika ada buah apel dengan ukuran dan bentuk yang sama, akan tetapi yang satu menggunakan bungkus. Tentu akan berbeda mulai dari segi harga dan peminatnya, harganya lebih tinggi dibanding apel yang tidak menggunakan bungkus.

Dan perlu anda ketahui, bagi wanita yang suka memperlihatkan keseksiannya di depan umum, hanyalah menguntungkan bagi kaum-laki-laki, karena mereka berpendapat mubadzir jika tidak dilihat. Namun delapan dari sepeuluh seorang pria lebih suka dan penasaran pada wanita yang mengenakan jilbab. Sungguh suatu kebanggaan bagi seorang suami melihat kecantikan istri hanya untuknya semata.

1. Cara Memakai Hijab Segi Empat Simple

Cara Memakai Hijab Segi Empat Simple
Ilustrasi : Cara Memakai Hijab Segi Empat Simple
Jilbab segi empat secara sederhana dapat menjadi pilihan untuk memakainya setiap hari. Pilihan bahan dan model jilbab membuat Anda terlihat elegan. Model jilbab ini dapat digunakan setiap hari, misalnya untuk bekerja atau acara-acara resmi. Anda dapat menggabungkan dengan pakaian lainnya seperti jubah atau kebaya, jadi sangat mengagumkan terutama di pilihan warna.

Nah, model jilbab segi empat ini dapat kalian pakai dengan langkah dibawah ini:
  • Posisikan jilbab, yang di sebelah kanan, lebih pendek daripada di sebelah kiri.
  • Kemudian, hijab ujung bawah diposisikan ke dalam dan melekat pada sisi kanan jilbab.
  • Untuk sisi lain jilbab kalian bisa menoleh ke belakang. Kemudian pasangkan dengan jarum.
  • Pada sisi yang lain rapikan semua ke arah amping.

    2. Cara Memakai Hijab Segi Empat untuk Bekerja

    Cara Memakai Hijab Segi Empat untuk Bekerja
    Ilustrasi : Cara Memakai Hijab Segi Empat untuk Bekerja
    Mengenakan jilbab sambil bekerja adalah pilihan bagi siapapun yang ingin terlihat sederhana atau mudah. Dengan model ini, itu sangat cocok untuk menggabungkan blazer dengan pilihan warna yang cocok dengan jilbab. Tampil sederhana, tetapi dengan model ini Anda tampak lebih elegan dengan blazer yang dipakai. Selain itu, Anda dapat mencampurnya dengan tambahan aksesoris seperti kalung atau reonce.

    Nah, Model jilbab segi empat ini dapat digunakan dengan cara dibawah ini:
    • Langkah awal, lipat sisi bagian terpanjang. Jadi Anda tidak perlu lipat setengah.
    • Pastikan posisi jilbab di sebelah kanan lebih pendek dari sisi kiri.
    • Kemudia bagian panjang berputar overhead sampai terlihat di sebelah kiri.
    • Masukkan jarum pentul pada hijab yang berguna sehingga jilbab tidak bergerak.

      3. Cara Memakai Hijab Segi Empat untuk Remaja

      Cara Memakai Hijab Segi Empat untuk Remaja
      Ilustrasi : Cara Memakai Hijab Segi Empat untuk Remaja
      Model sekali pakai jilbab ini bukanlah yang ketat pada leher, jadi leher tidak menyesakkan. Model ini sangat cocok untuk kegiatan sehari-hari seperti pekerjaan atau acara formal lainnya. Lipatan awal yang longgar, sehingga leher tidak dicekik. Dan jilbab dengan model ini tampak seperti itu menggunakan ciput panjang. Anda dapat menggabungkan gaya jilbab ini dengan blezer dan pakaian baju lainnya.

      Nah, caranya bisa kalian gunakan tata cara sebagai berikut:
      • Untuk jenis model jilbab Pashmina, posisikan yang lebih panjang di kiri. Dan di sebelah kanan, tempelkan dengan jaruh ke sebelah kiri.
      • Kemudian, sisi panjang jilbab tarik keatas sehingga membuatnya agak longgar di leher Anda.
      • Rekatkan dengan jarum di atas kepala Anda untuk membuatnya lebih rapi.
      • Kemudian pada sisi panjang, lekatkan ke bahu kiri.
      Alhamdulillah akhirnya selesai juga tulisan kami yang berjudul tutorial cara memakai hijab atau jilbab modern terbaru 2019 ini dengan harapan bagi anda wanita muslimah dapat memakai jilbab dengan benar sehingga akan terhindar dari berbagai fitnah dan juga selalu diridhoi oleh Allah karena mengikuti segala apa yang diperintahNya. Kami sebagai penulis menyadari adanya kesalahan dalam tulisan ini, untuk itu kami mohon kritik dan sarannya untuk perkembangan tulisan ini, semoga bermanfaat.

      2 thoughts on “3+ Tutorial Cara Memakai Hijab Segi Empat Modern Terbaru 2019

      1. Sangat suka dengan artikelnya, saya sudah mulai berhijrah selama setahun dan selama itu pula saya mendalami tentang kewajiban memakai hijab ini.

        Seperti yang dijelaskan diatas,betul sekali, rasanya tentram, damai. Hati tenang sejak memakai hijab.

        Oiya, terimakasih juga untuk tutorial cara memakai hijabnya juga ya

      Tinggalkan Balasan

      Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *