4+ Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca (Terdeteksi)

Ahsaniku – Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca. Flashdisk di era sekarang adalah perangkat yang sangat diperlukan. Hal ini dapat dilihat dari kelompok yang berbeda beda usia. Flashdisk digunakan oleh siswa untuk menyimpan berbagai data dari tugas sekolah, gambar, permainan, video dan banyak lagi. Flashdisk membantu banyak orang, digunakan mengisi file, dll

Meskipun memiliki berbagai manfaat, alat ini sering juga mengalami disfungsi. Banyak masalah yang sering terjadi pada flash disk, salah satunya adalah sebuah flash disk tidak dibaca oleh PC atau laptop sama sekali. Dengan flash disk, kalian dapat menyimpan file dengan kapasitas besar atau ukuran yang minimal.

Oleh karena itu, flash disk perlu untuk siapa saja yang membutuhkan perangkat penyimpanan data dengan cepat dan dapat mengambilnya di mana saja. Menggunakan flash disk sembarangan, hal itu akan mempengaruhi kinerja flash disk kalian. Jika kalian terhubung Flashdisk, kalian tidak menyadari bahwa ada program antivirus pada komputer yang terhubung, ini sangat berguna nantinya.

Penyebab Flashdisk ini tidak dapat dibaca untuk berbagai alasan: dimulai dengan infeksi virus, USB colokan longgar atau masalah dengan hardware laptop. Masalah ini tampaknya menjadi masalah yang umum dalam masyarakat, terutama di kalangan siswa yang benar-benar membutuhkan flashdisk. Nah dibawah ini, kami akan memberikan informasi tentang cara untuk memperbaiki flash disk tidak terbaca.


Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca dengan Mudah

1. Hubungkan Flashdisk ke Laptop Lain

Hubungkan Flashdisk ke Laptop Lain
Ilustrasi : Flashdisk Lain
Metode ini digunakan untuk menentukan penyebab dari masalah, Apakah kerusakan sistem operasi perangkat kalian atau flash disk. Ada berbagai penyebab flash disk yang terhubung ke komputer kalian atau perangkat kalian menjadi tidak terbaca. Opsi pertama adalah masalah sistem operasi yang tidak mendeteksi flash disk.

Kalian dapat melakukan pencarian atau menginstal ulang sistem operasi perangkat kalian. Kemungkinan kedua adalah bahwa Flashdisk itu sendiri adalah masalah. Kalian kemudian dapat mencoba metode yang berbeda untuk mendeteksi flash disk tersebut.

2. Format Flashdisk

Jika Flashdisk tidak terdeteksi, ada kemungkinan bahwa data yang terdapat pada Flashdisk kalian rusak. Untuk melakukan ini, kalian dapat mencoba cara berikut untuk format flash disk kalian. Metode ini akan menghapus semua data yang terdapat pada flash disk, yaitu isi Flashdisk dikosongkan. Langkah-langkah untuk memformat disk flash tidak terdeteksi adalah sebagai berikut.
  • Download dulu software EaseUS Partition Master dan instal sampai selesai
  • Colokkan flashdisk kalian
  • Kemudian buka softwarenya hingga flashdisk kalian terdeteksi
  • Klik kanan lalu klik Format 
  • Kemudian akan muncul Format Partition dan klik Ok
  • Lalu jika muncul Warning abaikan dan langsung klik Ok
  • Kemudian di menu Pending Operation Klik Apply
  • Selesai

    3. Periksa Keadaan Flashdisk pada Port USB

    Periksa Keadaan Flashdisk pada Port USB
    Ilustrasi : Port USB
    Periksa jika flashdisk rusak atau tidak dengan terhubung ke laptop atau PC. Menghubungkan flash disk ke laptop dan memeriksanya jika itu telah terbaca atau tidak. Jika belum membaca, ulangi lagi dengan menarik dan memasukkannya kembali bersama-sama. Jika itu masih tidak terbaca, gunakan flash disk berbeda. Jika flash disk lain membaca, itu dapat disimpulkan bahwa Flashdisk pertama rusak.

    Kerusakan ini dapat terjadi pada komponen flashdisk seperti komponen perangkat, atau yang lain. Oleh karena itu dianjurkan untuk selalu memeriksa apakah flashdisk kalian rusak atau tidak. Flash disk rusak tidak secara otomatis dibaca oleh laptop atau komputer. Bahkan jika kalian memaksa memasangkannya, itu masih tidak bisa terhubung.

    4. Periksa pada Disk Management

    Disk Management
    Ilustrasi : Disk Management
    Cara repair flash disk yang tidak dapat membaca sama sekali dapat dilakukan dengan fungsi Windows. Di Windows, terdapat sebuah fitur yang digunakan untuk memindai flash disk. Pemindaian tidak hanya memeriksa perangkat, tapi juga memperbaiki masalah yang ada pada flash disk itu sendiri. Virus adalah penyebab utama kerusakan flash disk dan makannya bisa membuat tidak terbaca. Nah, berikut ini adalah langkah-langkahnya:
    • Masukkan flashdisk ke laptop kalian
    • Klik Start dan klik kanan Computer 
    • Klik Computer Management dan klik Disk
    • Kemudian klik kanan pada Flashdisk kalian
    • Lalu klik Tools dan lanjut Check Now
    • Kemudian klik Centang dan Start
    • Tunggu sampai selesai.
    Itulah yang bisa kami sampaikan terkait dengan cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca atau tidak terdeteksi dengan mudah. Dengan harapan flashdisk kalian bisa teratasi dan bisa mengambil data data penting dari situ. Semoga bermanfaat.

    One thought on “4+ Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca (Terdeteksi)

    1. Untuk flashdisk yang rusak, memang mustahil untuk bisa menggunakan cara memperbaiki flashdisk seperti yang sudah kami jelaskan diatas. karena tidak ada lagi harapan.

      Tetapi jika di rasa flashdisk tersebut memang sangat penting, alangkah baiknya serahkan saja kepada teknisi. Semoga bermanfaat

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *