4 Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri (100% Berhasil)

Ahsaniku – Pembahasan kali ini adalah tentang cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri. Pernahkah kalian menemukan sesuatu yang aneh di android, seperti halnya dengan layar sentuh atau touchscreen di Android yang bergerak sendiri padahal tidak menyentuhnya. Apakah mungkin itu ada hantu yang memainkan ponselnya? Tidak!.

Hal mistis tersebut tidak akan bisa dan tidak akan terjadi jikalau hantu sedang memainkan hp. Masalah error yang biasa terjadi pada layar sentuh Android biasanya disebut dengan Ghost Touch. Admin juga pernah mengalaminya pada saat hendak menulis pesan, ketika menyentuh huruf A tapi yang terjadi malah menampilkan huruf Z, terkadang juga ketika menekan satu karakter, malah tampil dua karakter.

Semua gadget akan mempunyai masalah, termasuk vendor Asus, Oppo, Samsung, Xiaomi, Sony, Lenovo, dan lain-lain juga akan memiliki kelemahan meski sudah update pembaruan hardware maupun softwarenya. Namanya juga alat buatan tangan manusia yang pasti terdapat kekurangan sekaligus kelebihannya.

Terus bagaimana menangani kesalahan pada layar sentuh atau touchscreen bergerak sendiri di Android? Untuk mengatasinya, berikut ini kami akan memberikan beberapa tips atau cara yang bisa kalian coba untuk menyembuhkan penyakit sentuhan error pada smartphone Android.

Perlu di ingat bahwa Ghost Touch tidak hanya terjadi karena kerusakan pada layar LCD atau layar, namun ada banyak faktor yang bisa mempengaruhinya, jadi jangan langsung mengambil kesimpulan untuk mengganti LCD baru, karena kalian bisa menganalisa terlebih dahulu penyebab layar hp kalian bergerak sendiri, nah langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

(baca juga : cara memperbaiki touchscreen yang tidak bisa)


Penyebab Touchscreen Bergerak Sendiri

1. Charger Rusak

Charger Rusak
Ilustrasi : Charger Rusak
Ini adalah masalah yang sering terjadi pada kebanyakan android. Terkadang juga kita teledor dengan charger yang rusak ternyata bisa memberikan dampak yang buruk bagi smartphone. Meskipun dianjurkan untuk memakai charger yang original tetapi terkadang malah memakai charger yang bukan bawaan asli hp, karena ini juga dapat menyebabkan kerusakan pada baterai dan bahkan system hp.

Jadi, jika hp kalian mengalami masalah sentuhan karena charger yang rusak, dalam upaya untuk memperbaikinya maka gunakanlah pengisi daya lain yang memang kondisinya masih bagus untuk smartphone. Jika kalian tidak memiliki pengisi daya lainnya maka kalian harus membeli charger yang baru.

2. Tangan Kotor atau Basah

Tangan Kotor atau Basah
Ilustrasi : Tangan Kotor atau Basah
Pada saat kalian selesai membasuh tanganmu yang terkena air maka alangkah baiknya dibersihkan sampai benar-benar kering sebelum digunakan menyentuh secara langsung pada smartphone hp, karena layar sentuh pada ponsel pintar ini sangat sensitif jika terkena air. Selain air, banyak yang menyebabkan layar sentuh error pada android.

3. Panas yang Berlebihan

Panas yang Berlebihan
Ilustrasi : Panas yang Berlebihan
Layar sentuh atau touch screen android juga memiliki batas toleransi dari panas untuk bisa bekerja secara normal, ini biasanya terjadi pada bagian luar dari smartphone yang sedikit panas, tetapi jika panasnya semakin bertambah maka ini bisa memicu layar hp menjadi error. Solusinya adalah bahwa kalian harus menghentikan penggunaan beberapa menit sehingga suhu di smartphone Android kalian kembali normal.

4. Over RAM

Over RAM
Ilustrasi : Over RAM
Ketika kalian membuka banyak aplikasi pada satu waktu dan tidak menutup aplikasi yang tidak lagi digunakan, maka akan membuat random access memory dan CPU dalam sebuah smartphone menjadi bekerja lebih keras. Tentu saja itu membuat hp android tidak bekerja secara efektif dan menyebabkan sistem tidak stabil. Untuk mengatasi masalah ini, kalian bisa mencoba menutup aplikasi yang tidak digunakan.

5. ROM Tidak Resmi

ROM Tidak Resmi
Ilustrasi : ROM Tidak Resmi
Masalah software pada ROM ternyata juga dapat menyebabkan error pada layar sentuh Android. Lalu, bagaimana menangani masalah yang disebabkan oleh bug di firmware ini? Caranya adalah dengan segera mendownload firmware resmi terbaru yang lebih stabil.

Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri 

1. Reboot Android

Reboot Android
Ilustrasi : Reboot Android
Cara termudah dan termudah untuk memperbaiki layar sentuh Android yang bergerak sendiri adalah dengan reboot. Mengapa seperti itu? Karena ketika telepon di reboot, program yang sedang berjalan juga dimatikan, sehingga tidak ada aplikasi yang berjalan ketika reboot telepon. Kemungkinan bahwa layar Android bergerak sendiri karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang. Caranya :
  • Tekan tombol power selama 3 tetik
  • Tunggu sampai muncul perintah reboot atau restart
  • Lalu klik ok

2. Matikkan Force Gpu Rendering

Matikkan Force Gpu Rendering
Ilustrasi : Open Force Gpu Rendering
Terlebih dulu kalian harus masuk ke mode pengembang, mode pengembang adalah mode tambahan dengan banyak fitur, termasuk kemampuan untuk mengaktifkan debugging USB. Namun, jika kalian memiliki masalah dengan hp android yang layar bergerak dengan sendirinya. Kalian dapat beralih ke mode pengembang dan menampilkan opsi “Option Force Gpu Rendering “. Jika ternyata aktif, silakan untuk mematikannya.

3. Kalibrasi Touch Screen

Kalibrasi Touch Screen
Ilustrasi : Kalibrasi Touch Screen
Metode ini sangat sukses dilakukan oleh sebagian besar orang untuk mengatasi masalah touchscreennya. Kalian bisa dapat mencoba kalibrasi melalui pengaturan bawaan hp, atau jika tidak tersedia maka kalian bisa dengan mudah memakai aplikasi tambahan. Yakni di playstore terdapat banyak sekali aplikasi kalibrasi yang bisa membantu.

4. Factory Reset

Factory Reset
Ilustrasi : Factory Reset
Setelah semua cara diatas dilakukan dan masalah layar sentuhnya masih muncul maka saran kami hendaknya kalian melakukan factory reset. Ini berfungsi untuk mengembalikan hp seperti pada awal kondisi ketika membelinya, caranya seperti dibawah ini :
  • Langkah pertama silahkan matikan hp
  • Lalu tekan tombol Home + Power + Volume Atas + Volume Bawah secara bersamaan
  • Tunggu sampai muncul logo hp dan lepaskan
  • Lalu pilih Wipe data/factory reset.
  • Kemudian pilih YES.
  • Tunggu proses factory reset sampai selesai 
  • Terakhir, pilih “Reboot system now
  • Selesai
Mungkin itulah yang bisa kami sampaikan terkait dengan cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri. Jika dirasa tutorial tidak membantu, saran kami silahkan ganti touchscreen hp kalian dengan yang baru. semoga tutorial diatas bermanfaat bagi kalian semua.

Kesimpulan...

Oiya, jika dirasa tulisan diatas bermanfaat, jangan lupa bagikan dan share ke sosial media supaya di baca banyak orang dan tentu kalian akan mendapatkan pahala.

Dan berikut ini beberapa pencarian yang masuk pada artikel ini, diantaranya : bagaimana mengatasi masalah layar berjalan sendiri di HP ASUS z, dan lain lain. Terimakasih banyak

One thought on “4 Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri (100% Berhasil)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *