9 Cara Memperbaiki Touchscreen Yang Tidak Bisa Disentuh (100% Berhasil)

Ahsaniku – Topik kali ini membahas tentang cara memperbaiki touchscreen yang tidak bisa disentuh. smartphone dengan layar sentuh lebar kini telah menjadi populer di kalangan masyarakat dan telah banyak yang menggunakannya. Pada penggunaan layar sentuh telah terbukti bisa memberikan ruang hingga bentuk perangkat yang nampak lebih sederhana dan portabel.

Gangguan atau kesalahan yang terjadi pada layar sentuh hp atau yang biasanya disebut dengan touchscreen terutama pada ponsel Android ini bisa beragam kasusnya. Kejadian ini bisa saja merusak layar sentuh seluruhnya atau pecah yang mengakibatkan kehilangan fungsi di beberapa tempat tetentu.


Masalah Touchscreen

  • smartphone tetap menyala normal, namun area layar sentuh tidak sensitif terhadap sentuhan, dan layar sentuh tidak merespons dengan lancar
  • Beberapa aplikasi berjalan, namun layar sentuh terkadang tidak beraturan dan malah bergerak sendiri tanpa ada sentuhan apapun
  • Seringkali layar sentuh macet (berhenti) atau tidak merespons sama sekali pada saat disentuh

Cara Memperbaiki Touchscreen Yang Tidak Berfungsi Sebagian

1. Langkah Pertama

    Jika hp Android kalian tidak rusak touchscreennya, tetapi respons sentuhannya yang lambat coba perbaiki dengan cara di bawah ini :
    • Pergi ke menu Settings
    • Lalu masuk ke Display Options 
    • Kemudian pilih Kalibrasi
    • Bila kalian mengaktifkan kalibrasi, layar telepon kalian akan menjadi putih. 
    • Klik pada layar putih dan ikuti instruksi yang ditampilkan sampai tahap kalibrasi selesai. 
    • Setelah itu fungsi layar sentuh ponsel kalian akan kembali normal.

    2. Langkah Kedua

    Jika layar sentuh pada hp Android kalian benar-benar tidak dapat digunakan dan tidak dapat bergerak sama sekali, cobalah langkah-langkah ini untuk memulihkan telepon kalian ke pengaturan reset pabrik.
    • Tekan tombol power dan tombol volume bawah secara bersamaan
    • Lalu system baru akan muncul dan masuk ke menu factory reset
    • Kemudian untuk memilih opsi gunakanlah tombol power. 
    • Tunggu sampai proses reset selesai. 
    • Begitu selesai maka layar sentuh akan kembali normal seperti sebelumnya.

    3. Langkah Ketiga

    Jika dua langkah di atas tidak berfungsi sebagai cara memperbaiki touchscreen yang rusak, langkah terakhir yang dapat kalian lakukan adalah :
    • Membawa telepon ke pusat layanan terdekat
    • Mintalah staf profesional di sana untuk mengganti perangkat layar sentuh kalian dengan yang baru. 
    • Dan siapkan anggaran atas permintaan pusat servis untuk memperbaikinya
    • Lalu kalian akan kembali memiliki fungsi layar sentuh normal.

    Langkah Langkah Mengatasi Touchscreen Yang Tidak Bisa Disentuh

    1. Mematikan HP Android

    Mematikan HP Android
    Ilustrasi : Mematikan HP Android
    Langkah yang kalian lakukan sebagai cara mengatasi touchscreen ini adalah mematikan perangkat smartphone kalian selama beberapa menit. Ini bisa mengembalikan fungsi program yang error sehingga bisa bekerja normal kembali. Namun jika tidak berhasil, maka cobalah melepas baterai bawaan di smartphone kalian, lalu pasang kembali dan hidupkan smartphonenya.

    2. Lepas SIM dan Memori

    Lepas SIM dan Memori
    Ilustrasi : Lepas SIM dan Memori
    Jika ternyata layar sentuh tidak bekerja juga, ini bisa disebabkan oleh kartu SIM atau memori card yang error yang kalian mengharuskan untuk memperbaiki atau mengganti memori hp yang rusak. Jadi jika smartphone kalian layar sentuhnya tidak bekerja, coba keluarkan kartu SIM atau memori eksternal yang terdapat pada smartphone kalian. Kemudian restart hp kalian.

    3. Mengkalibrasi Layar HP

    Mengkalibrasi Layar HP
    Ilustrasi : Mengkalibrasi Layar HP
    Jika layar hp tidak bekerja secara normal mungkin ada gangguan system di layar sentuh hp kalian. Ya, dengan meluangkan waktu untuk kalibrasi secara manual cross-screen seperti cara diatas, maka layar hp kalian insyaallah akan normal kembali, untuk lebih mudahnya kalian menggunakan aplikasi kalibrasi layar hp yang ada di playstore.

    4. Update Android

    Update Android
    Ilustrasi : Update Android
    Cara mengatasi masalah ini bisa diterapkan pada smartphone yang tidak bekerja normal layar sentuhnya. Mengupgrade software telah terbukti mampu mengatasi masalah apapun yang terjadi pada android kalian, termasuk didalamnya terdapat layar sentuh yang mengalami gangguan sebelumnya.

    5. Bersihkan Layar HP

    Bersihkan Layar HP
    Ilustrasi : Bersihkan Layar HP
    Langkah selanjutnya adalah membersihkan layar sentuh yang tidak berfungsi menggunakan alkohol dan sikat kecil ataupun kapas. Pada langkah ini jangan lupa mematikan smartphone kalian sebelum membersihkannya.

    6. Reset Android

    Reset Android
    Ilustrasi : Reset Android
    Dengan kalian mengatur ulang / mereset hp kalian, maka kalian bisa mengembalikan semua setting dari layar sentuh android kalian seperti original alias kembali ke setting pabrik. Dan secara otomatis semua data – data yang terkandung dalam memori internal akan terhapus semuanya.

    Itulah beberapa cara memperbaiki touchscreen yang tidak bisa disentuh dan memiliki kesalahan atau tidak bekerja. Dengan demikian informasi yang kami berikan kepada kalian sudah cukup, semoga informasi di atas bermanfaat bagi kalian, dan bisa dijadikan bahan referensi.
      4 Cara Cek Resi JD.ID, dan cek Status Pengiriman Kurir JX

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *