Asal Usul Angling Dharma

Jika Anda menyukai seni wayang kulit dan wayang orang, tentu saja Anda sudah sangat familiar dengan satu sosok wayang ini, ya Angling Dharma atau yang lebih Popular dengan istilah Prabu Angling Dharma adalah salah satu tokoh wayang yang terkenal sejak abad ke-15 Masehi. Beberapa waktu yang lalu, sosok ini populer karena sering digunakan sebagai karakter utama dalam boneka atau dalam sinetron dari genre kolosal.

Menurut sejarah nenek moyang kita, asal usul Angling Dharma adalah kelanjutan dari cerita Mahabrata, yang menyatakan bahwa Angling Dharma adalah seseorang yang dianggap inkarnasi dewa Batara Wisnu. Salah satu karakteristik Angling Dharma adalah kemampuannya untuk menguasai bahasa dari semua jenis hewan, dan sangat baik dalam hal pepanahan.

Asal Usul Angling Dharma

Asal Usul Angling Darma

Rangkuman dari kitab Baratayudha, Angling Dharma adalah putra Ratu Pramesti, yang juga merupakan penjelmaan dewa Arjuna. Menurut keturunannya, Angling Dharma adalah keturunan Arjuna, cicit Abimanyu, cucu seorang figur terkenal di Surabaya, dan juga putra kesayangan Ratu Pramesti, dari rahim Ratu Pramesti, sosok Angling Dharma yang legendaris ini menjadi terkenal, karena ia menjadi raja Kerajaan Malawapati, yang dikenal dalam cerita wayang.

  2 Asal Usul Sundel Bolong Menurut Orang Jawa (Wajib di Baca !)

Figur lahirnya Angling Dharma memang penuh dengan polemik, seperti yang dapat dilihat dari kisah kelahiran Angling Dharma, diawali dengan mimpi Ratu Pramesti untuk menemui Batara Wisnu, yang mengatakan bahwa ia dilahirkan ke dunia oleh tubuhnya. Saat dia tiba, perutnya hamil. Astradarma, suami Ratu sangat marah dan menuduh Pramesti berselingkuh. Kemudian dia mengantar istrinya kembali ke Mamenang.

Ketika Ratu Pramesti diusir dari Kerajaan Singsana, ia sangat marah dengan Astradarma, dan Jayabaya juga mengutuk tanah yang tenggelam di Yawastina. Kutukan itu terwujud. Astradarma tewas bersama dengan hilangnya Istana Yawastina setelah Astradarma terbunuh, Angling Dharma lahir di dunia.

  3 Asal Usul Pocong Menurut Beberapa Versi, Serem Banget !

Singkatnya, Angling Dharma lahir sebagai pemuda tampan dan mempunyai wibawa. Ketika ia tumbuh dewasa, ia membawa ibunya untuk membangun sebuah kerajaan yang disebut Malawapati, dan dari kerajaan itu ia memimpin dirinya sebagai Prabu Angling darma.

Menurut cerita dari kitab Barathayudha, prabung Angling Dharma menikah dengan seorang gadis bernama setyawati, yang merupakan putri Resi maniksutra. Tapi saudara Setyawati Batik madrim tidak setuju dengan pernikahan Angling Dharma. Batik madrim menantang Angling Dharma. Jika Angling Dharma menang, ia dapat menikahi saudarinya, tetapi jika ia kalah, ia harus mengundurkan diri.

Kemudian kisah Angling Dharma berhasil mengalahkan batik Madrim dan kemudian menikahi adiknya. Batik madrim diangkat menjadi Bupati kerajaan Malawapati. Sementara ia memimpin kerajaan Malawapati, rakyatnya sangat makmur, bahkan dalam cerita wayang, yang menyatakan bahwa kerajaan yang dipimpin oleh Prabu Angling Dharma sangat kuat dan memiliki ratusan ribu pasukan.

  8+ Manusia Terbesar di Dunia yang Memiliki Berat Hingga 635 Kg

Akhir kehidupan tokoh legenda ini dikatakan telah meninggal dalam bunuh diri dengan istrinya setyawati, karena Prabu Angling Darma menolak untuk bersikap terbuka karena ia telah berjanji untuk menjaga pengetahuan Aji Gineng pada tingkat ilmiah tertinggi, jika seseorang melakukannya kemudian ia dapat menaklukkan semua kerajaan dunia ini.

Rating Artikel
Review Date
Reviewed Item
Asal Usul Angling Dharma Menurut Kitab Barathayudha
Author Rating
51star1star1star1star1star

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *