Asal Usul Banaspati Menurut Masyarakat Jawa (Wajib Baca)

Ahsaniku – Tidak dapat dipungkiri bahwa Jawa sebenarnya penuh dengan cerita mistik dan bertakhayul yang telah terjadi sejak abad pertengahan. Ini adalah sama dengan Banaspati, yang merupakan salah satu yang paling ditakuti di seluruh Jawa, bahkan lebih daripada yang banyak orang Jawa percaya. Banaspati adalah salah satu raja dari semua makhluk siluman dan makhluk gaib yang ada di semua jagat.

Asal Usul Banaspati Menurut Masyarakat Jawa

Menurut Rangkuman yang kami telah rangkum dari berbagai sumber yang dapat dipercaya dan hasil penyesuaian dari buku Sansekerta mengenai asal usul banaspati. Banaspati berasal dari salah satu tokoh yang menggunakan sihir hitam, yang pada zaman Purwacarita atau tepatnya pada waktunya Kerajaan Majapahit. Salah satu rajanya di lautan adalah keturunan dari bangsa siluman atau api.

(baca juga : asal usul jenglot)
Asal Usul Banaspati
Ilustrasi : Asal Usul Banaspati
Ketika ia memimpin bangsa siluman, banyak orang menjadi korban karena kegarangan mereka, tetapi berkat bantuan Nabi Khidir, raja Banaspati akhirnya bisa dibunuh. Menurut Hikayat, cerita tersebut mengatakan bahwa kematian Banapasti telah dibunuh oleh nabi Khidir. Ternyata raja Banaspati yang Agung ini masih memiliki keturunan bernama Setan kober.

Sementara Setan Kober hidup 500 tahun setelah kematian Banaspati, banyak orang Jawa yang percaya bahwa Setan Kober adalah keturunan Banaspati di hutan panji. Zaman keemasan Setan Kober terjadi pada zaman keemasan Majapahit. Kembali ketika ia belum memiliki kekuasaan dan belum memiliki sebuah kerajaan.

Setan Kober memutuskan untuk bekerja dengan Bupati Gadjah Mada untuk memberontak pemberontak dan melawan Kerajaan Islam, termasuk Kerajaan Demak. Iblis, keturunan Banaspati ini dikenal karena sangat terampil dan sangat kuat bahkan selama perang antara Majapahit dan Demak yang kemudian dipimpin Raden Fatah

Setan Kober ini sering membuat Kerajaan Islam telah menewaskan sedikitnya 300 prajurit Islam yang tinggal di daerah pedesaan. Setan Kober ini sering menjadi ahli dalam strategi perang istana Majapahit, mengalahkan ratusan komandan Terpilih di seluruh penjuru dunia.
Foto Banaspati
Ilustrasi : Foto Banaspati
Di sisi lain, setelah kekalahan Islam, para wali Allah yang suci mulai mengembangkan strategi untuk mengalahkan Setan Kober yang sekarang memiliki pertapaan Islam hitam, sejumlah wali seperti Sunan Gunung Jati, Pangeran Walang Sungsang, Sunan kali jaga, Sunan Kudus dan Sultan Hasanuddin Banten mulai menutup barisan dengan melihat di antara mereka untuk melihat keluar tokoh dari sekte hitam.

Melalui mandat Sunan Gunung Jati, mereka bergerak dengan cara yang berbeda, dan melalui perjalanan selama tujuh tahun, mereka akhirnya berhasil menaklukkan seluruh bangsa hitam. Setan Kober, seorang keturunan Banaspati dikalahkan oleh Pangeran Suto Wijaya:

Dalam peperangan yang pahit ini, Setan Kober yang bersungguh-sungguh itu akhirnya dibunuh dan diusir dari Kerajaan Majapahit selamanya. Kekalahan Setan Kober membuat bahkan banyak orang kagum oleh Pangeran Suto Wijaya, dan banyak orang menganggapnya sebagai pewaris wilayah siluman, namun ia menolak dan pergi dengan wali Allah untuk menyerang Kerajaan Majapahit lagi.

Tidak dapat disangkal bahwa asal usul banaspati sebenarnya adalah kisah nyata yang terjadi beberapa abad yang lalu, bahkan sekarang banyak keturunan Banaspati yang tinggal di hutan panji dan membangun sebuah kerajaan di lautan. Kamu juga bisa membaca asal usul pocong. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *