Inilah, Asal Usul dari Wali Songo Menurut Sejarawan

Memang diakui betul bahwa penyebaran Islam di Indonesia tidak dapat dipisahkan dari peran Walisongo, ya, Walisongo atau bahkan dikenal sebagai sembilan wali adalah sosok legendaris yang menyebarkan Islam ke seluruh penjuru Nusantara, dengan penyebaran Islam dari Kerajaan Samudera pasai sampai pada Kerajaan Demak di Jawa Tengah dan Cirebon di Jawa Barat.

Menurut ringkasan buku sejarah, era Walisongo muncul di Nusantara setelah berakhirnya kerajaan Hindu dan digantikan oleh budaya Islam. Berkat kerja keras mereka, Islam telah menjadi negara mayoritas bagi penduduk Indonesia dan merupakan satu-satunya pelengkap agama Islam terbesar di dunia.

Adapun istilah “Wali Songo ,” menurut sejarawan, ada berbagai perbedaan pendapat, ada yang mengatakan bahwa Wali Songo berasal dari sembilan wali (Jawa), dan beberapa mengklaim bahwa kata “Songo ” berasal dari kata “tsana ,” Dalam bahasa Arab berarti “mulia .” Tapi apapun pendapatnya, kita semua setuju bahwa tanpa sembilan Wali, mustahil bagi Islam untuk mencapai Nusantara.

Mungkin beberapa orang Indonesia tidak mengetahui nama Sunan Wali Songo. Itu sebabnya, pada kesempatan ini sebagai seorang penulis, saya akan memaparkan secara dekat nama Walisongo. Berikut ini adalah daftar nama Sunan Walisongo dan asal-usul wilayahnya wajib yang Anda ketahui:

  Asal Usul Watu Dodol

(Baca Juga : Asal Usul Reog Ponorogo)

Asal Usul Wali Songo

Asal Usul Wali Songo
Asal Usul Wali Songo

1. Maulana Malik Ibrahim

Maulana Malik Ibrahim adalah generasi pertama pengawal wali Songo yang telah ada. Sunan Maulana Malik Ibrahim dikatakan berasal dari negara Persia dan kemudian tertarik untuk menyebarkan Islam di Nusantara, serta kediaman Sunan Maulana Malik Ibrahim di Gresik, Jawa Timur.

2. Sunan Ampel

Sunan Ampel atau Sunan Ngampel adalah salah satu wali Songo yang memiliki nama asli Raden rahmat. Dia adalah seorang wali sejati yang lahir di Indonesia. Selama hidupnya, ia menjadi salah satu tokoh yang menyebarkan Islam di daerah Ngampel dekat Surabaya.

3. Sunan Bonang

Selain ampel, ada juga wali dari daerah Tuban, Sunan tu bernama Makdum Ibrahim dan diberi gelar Sunan Bonang, selama hidupnya ia menyebarkan Islam di daerah Bonang dekat Tuban, untuk pelayanannya yang baik pada masyarakat kemudian nama Tuban diubah menjadi desa Bonang.

  Inilah, 2 Asal Usul Tuyul Menurut Islam yang Harus Anda Ketahui

4. Sunan Drajat

Sunan Drajat adalah salah satu Sunan, yang juga berasal dari daerah Tuban. Sunan ini yang memiliki nama asli masih munat. Ia adalah adik dari Sunan Bonang. Awalnya ia tinggal di daerah Bonang, tetapi karena ia ingin menyebarkan Islam ke daerah lain, ia akhirnya pindah ke desa Drajat di kota Surabaya

5. Sunan Giri

Raden paku awalnya adalah seorang murid Sunan Ampel, tetapi karena ia sangat cerdas dan berbakat, Sunan Giri akhirnya dikirim ke Gresik untuk menyebarkan Islam di Gresik, Jawa Timur. Dia dilaporkan tinggal di sebuah bukit yang disebut Giri.

6. Sunan Muria

Sunan Muria adalah salah satu anggota Wali Songo yang berasal dari Sungai Muria dekat kota Kudus. Yang mana makam sunan muria ini bertempat diatas gunung muria.

7. Sunan Kudus

Sunan Kudus adalah salah satu anggota Wali Songo, yang awalnya bernama Udung, seperti halnya dengan Sunan Muria. Sultan ini tinggal di kota Kudus.

8. Sunan Kalijaga

Pemuda bernama Raden Said pertama kali mempelajari Islam dari para wali, kemudian menyebarkan ajaran-ajarannya di kota Demak. Nah, di sini dia diberi gelar Sunan Kalijaga sementara kediamannya berada di kota Demak.

  Asal Usul Wayang Kulit, dan Tokohnya Menurut Buku Sejarah

9. Sunan Gunung Jati

Syarif Hidayatullah adalah nama sebenarnya, ia satu-satunya anggota dari Wali Songo untuk menyebarkan Islam di Jawa Barat. Sunan Gunung Jati lahir sekitar tahun 1450 m. Ia lahir dan meninggal sekitar 1520 M, dan berkat jasanya penduduk kota Jawa Barat yang awalnya Hindu dan Budha dan akhirnya dikonversi ke Islam.

Itulah yang bisa saya sampaikan terkait hal sejarah dan asal mula sejarah wali songo dengan nama dan foto yang dapat dibuat sebagai pengetahuan tambahan. Jika Anda menganggap informasi ini berguna, silakan bagikan dengan media sosial. Semoga bermanfaat

Rating Artikel
Review Date
Reviewed Item
Inilah, Asal Usul dari Wali Songo Menurut Sejarawan
Author Rating
51star1star1star1star1star

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *