Ada 3 Nama Bahan Bakar yang digunakan Pesawat Terbang

Bahan bakar yang sudah tidak asing lagi ditelinga kita adalah premium, pertamax, pertalite. Tentu bagi kalian yang belum terbiasa dengan pesawat maka kalian akan sering bertanya-tanya apa nama bahan bakar pesawat itu? Juga ini berlaku bagi bahan bakar moto gp yang tidak banyak diketahui orang. Bahan bakar merupakan komponen penting ketika memindahkan perangkat transportasi tertentu. Tanpa bahan bakar, pesawat tidak dapat digunakan.

Bahkan, ada banyak kasus kecelakaan pesawat karena kekurangan bahan bakar dalam penerbangan. Ini adalah bukti bahwa bahan bakar memainkan peran penting dalam pesawat terbang. Lalu kemudian, apa sebenarnya nama bahan bakar pesawat itu? Nah untuk itu mari simak penjelasan dibawah ini sampai selesai ya.

Bahan Bakar Pesawat Terbang
Bahan Bakar Pesawat Terbang

Bahan Bakar Pesawat Terbang

1. Avtur

Avtur  (Aviation Turbine Fuel) juga disebut dengan Jet A-1 karena banyak sekali pesawat terbang yang memakai bahan bakar ini. Bahan dasar untuk membuat Avtur adalah minyak tanah. Jika Anda pernah memasak dengan menggunakan kompor minyak, maka minyak tanah yang digunakan itulah yang menjadi bahan dasar dalam pembuatan bahan bakar pesawat terbang jenis Avtur.

2. Avgas

Jika Anda berpikir bahwa Avgas merupakan bahan bakar dari gas, maka salah besar! Avgas (Aviation Gasoline) adalah sejenis bensin yang diolah secara khusus guna keperluan penerbangan (aviation). Umumnya, pesawat terbang memiliki ruang pembakaran dalam (internal) yang menggunakan bahan bakar jenis Avgas. Itu artinya, hanya pesawat terbang yang menggunakan mesin Piston yang bisa menggunakan bahan bakar jenis ini.

Berbeda dengan gasoline (bensin) yang digunakan untuk kendaraan bermotor, bensin yang diolah menjadi Avgas memiliki nilai oktan yang lebih tinggi sehingga membuat mesin lebih bersih. Sifat dari bahan bakar ini mudah terbakar, bahkan di suhu normal. Avgas juga cepat sekali menguap. Maka hanya pesawat yang memiliki ruang pembakaran dalam saja yang dapat menggunakan bahan bakar ini.

3. Biofuel

Dengan teknologi yang berkembang lebih cepat dari yang diperkirakan, beberapa peneliti saat ini sedang mengembangkan biofuel untuk pesawat yang dianggap sebagai bahan bakar terbaik untuk masa depan. Seperti yang kita ketahui, stok minyak habis dan membuat biaya produksi lebih mahal. Penggunaan bahan bakar diharapkan menggunakan bahan bakar ramah lingkungan di semua pesawat di masa depan, yang tentunya tidak membahayakan alam.

Bahan bakar Biofuel berasal dari limbah kayu. Meskipun tidak ada biofuel digunakan secara keseluruhan, campuran 20% limbah kayu biofuel dan Avtur telah berhasil menerbangkan pesawat jet. Tetapi para peneliti percaya, produk mereka akan satu hari nanti menggantikan bahan bakar pesawat berbasis minyak bumi. Selain itu, biofuel dianggap lebih murah dan tidak memiliki efek buruk pada lingkungan.

Itulah yang bisa kami sampaikan terkait dengan apa nama bahan bakar pesawat terbang yang mungkin bisa menambah wawasan kalian semua. Jika tulisan diatas ada yang salah, mohon koreksinya dengan berikan komentar di kolom komentar dibawah. Terimakasih.

Rating Artikel
Review Date
Reviewed Item
Ada 3 Nama Bahan Bakar yang digunakan Pesawat Terbang
Author Rating
51star1star1star1star1star

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *