Begini, 2 Asal Usul Lagu Nina Bobo yang Harus Anda Ketahui

Ahsaniku – Bagi masyarakat Indonesia, nyanyian yang satu ini tentu saja sangat terkenal. Ya, Nina Bobo adalah lagu klasik yang sering dinyanyikan oleh seorang ibu supaya mendapatkan anaknya tidur. Ada banyak alasan mengapa lagu pengantar tidur ini populer di kalangan orang Indonesia, karena liriknya sederhana.

Lagu ini cukup bagus dan lagu ini memiliki cerita tersendiri bagi masyarakat Indonesia khususnya orang Jawa. Jadi tidak mengherankan bahwa lagu tidur ini dinyanyikan dari generasi ke generasi. Bagi sebagian orang, tidak banyak yang tahu tentang asal-usul lagu ini.

Tetapi ketika Anda mendengar dari berbagai sumber terpercaya bahwa lagu tidur ini berasal dari seorang pria dan seorang wanita yang kehilangan putri mereka sampai mati, di sini mengikuti salah satu Sejarah tentang asal-usul lagu Nina bobo yang kami telah meringkas Bobo dari berbagai sumber terpercaya. Berikut diantaranya

2 Asal Usul Lagu Nina Bobo yang Harus Anda Ketahui

1. Menurut Masyarakat Jawa

Menurut Masyarakat Jawa
Ilustrasi : Masyarakat Jawa
Menurut asal usul lagu tersebut, Nina Bobo berasal dari seorang wanita Jawa bernama Mustika, yang memutuskan untuk menikahi seorang berkebangsaan Belanda bernama Van Rodjnik. Kehidupan kedua mempelai wanita itu awalnya hidup bahagia dan kemudian diberkati dengan seorang putri yang sangat cantik, yang kemudian dinamai “Helelina Mustika Van Rodjnik ,” sering disebut sebagai Nina.

Setiap malam, Nina sering dinyanyikan oleh lagu tidur ibunya, sehingga Nina tidur nyenyak. Kebiasaan bernyanyi lagu tidur dipraktekkan selama beberapa tahun. Namun Nina yang miskin, yang merupakan anak dari Mustika dan Van Rodjnik, akhirnya meninggal tanpa alasan karena dia tahu putri tercintanya telah meninggal dunia. Ibunya tidak dapat dengan mudah menerima kematian Nina.

Setelah kepergian putrinya yang tercinta, Mustika yang adalah ibu Nina, ia sering jatuh sakit, meskipun ia sering menyanyikan lagu tidur tersebut sambil membayangkan putri favoritnya masih hidup. Beberapa tahun setelah kematian Nina, Mustika ibu Nina, akhirnya mengikuti putrinya tercinta ke akhirat.

Ia meninggal karena penyakit karena tidak dapat menerima kematian Nina, putri favoritnya. Setelah kepergian putri dan istrinya, Van Rodjnik merasa sangat terguncang karena kesedihan yang anehnya dia alami. Mustika dengan terus menyanyikan lagu Nina Bobo untuk putri almarhum. Itulah yang Van Rodjnik terus selama bertahun-tahun.

Sampai beberapa tahun kemudian, akhirnya Van Rodjnik tidak pernah menyanyikan lagu Nina Bobo lagi. Ketika suatu hari, putri tercintanya menangis dan menjerit, Van Rodjnik akhirnya kaget di tempat tidur putrinya yang telah meninggal. Ketika dia bangun, dia menemukan Nina dan bertanya kepada ayahnya Van Rodjnik, “ayah, mengapa Anda tidak pernah menyanyikan lagu Nina lagi? “

Pertanyaan itu ditanyakan oleh Nina yang menangis. Setelah itu, Van Rodjnik menyanyikan lagu Nina Bobo untuk Nina lagi setiap malam, sehingga tangisan Nina di rumah tidak akan pernah terdengar lagi.

2. Menurut Versi Helenina

Versi Helenina
Ilustrasi : Versi Helenina
Versi pertama berasal dari sebuah keluarga kecil yang memiliki seorang anak kecil bernama Helenina, biasanya disebut Nina. Dia bercampur darah antara Belanda dan Jawa, di mana ayahnya adalah seorang pribumi dan ibunya dari darah Jawa. Hal ini diketahui bahwa Nina ini sering memiliki gangguan tidur.

Akibatnya, ibunya, Mustika bernyanyi setiap malam untuk menaruh anaknya tidur. Sampai akhir, Nina sangat bergantung pada nyanyian ini. Kemudian, atas saran ayahnya, yang bernama Van Rodjnik, untuk membuat lirik lagu. Lirik lagu ini sama seperti yang kita ketahui:  “Nina Bobo Oooh Nina Bobo, jika tidak Bobo digigit nyamuk “.

Hampir setiap malam, ibunya menyanyikan lagu tidur tersebut. Sampai akhirnya, Nina memiliki penyakit yang sangat serius dan kemudian meninggal pada usia 6 tahun. Setelah itu, Van Rodjnik menemukan bahwa Mustika masih saja menyanyikan lagu ini. Kemudian Mustika mengatakan kepadanya bahwa dia selalu mendengar Nina menangis. Jadi Mustika menyanyikan lagu setiap malam sampai akhirnya dia meninggal.

Setelah kematian Mustika, sekarang giliran ayahnya Van Rodjnik, yang dikejar oleh putrinya, yang meminta untuk menyanyikan lagu tersebut. Hal ini membuat Van Rodjnik sedikit tertekan dan harus menyanyikan lagu berulang-ulang sampai ia meninggal. Dikatakan jika kita menyanyikan lagu “Nina Bobo ” untuk menempatkan seorang anak kecil untuk tidur, maka hantu Nina akan datang untuk menjaga anak kecil sementara dia tidur.

Mungkin hanya itu penjelasan saya mengenai asal usul lagu nina bobo, perlu anda ketahui lagu Nina bobo ini merupakan lagu yang berasal dari kisah nyata dan memang benar-benar pernah terjadi di Indonesia, semoga bermanfaat.
  7+ Rumah Sakit Angker di Indonesia yang Banyak Penampakannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *