Begini, 2 Cara Kalibrasi Baterai Xiaomi agar Menjadi Tahan Lama

Ahsaniku – Xiaomi adalah penyedia smartphone dari China Tiongkok yang namanya sekarang cukup diperhitungkan dalam industri smartphone. Salah satu alasan untuk memilih Xiaomi adalah karena memiliki produk smartphone yang terjangkau, tetapi menawarkan spesifikasi perangkat yang menarik. Selain itu, Xiaomi juga memiliki penggemar setia, yang biasanya disebut penggemar MI.

Dengan semua kenyamanan dan dukungan dari Xiaomi untuk penggunanya, bahkan hashtag #mendingxiaomi muncul. Tentu saja, semua perangkat elektronik yang menggunakan baterai, termasuk smartphone, harus melakukan kalibrasi baterai. Hal ini dilakukan agar kapasitas daya dapat dibaca dengan benar dan akurat sesuai dengan kondisinya.

Namun, itu juga harus diingat bahwa kalibrasi tidak boleh dilakukan terlalu sering karena hal ini sebenarnya memperburuk kesehatan baterai. Namun, jika perangkat terisi penuh pada satu waktu, dan mati tiba-tiba ketika diaktifkan, dan ketika dihidupkan ternyata telah baterai telah kosong. Maka ini adalah tanda jika kinerja baterai bermasalah.

Akibatnya, pengguna hp Xiaomi terkadang dapat mengkalibrasinya untuk membuat kondisi baterai menjadi normal. Bagi mereka yang belum tahu bagaimana untuk benar kalibrasi baterai Xiaomi. Silahkan simak caranya dibawah ini :

Cara Kalibrasi Baterai Xiaomi Secara Manual

Kalibrasi Baterai
Ilustrasi : Kalibrasi Baterai
  1. Pertama, gunakan perangkat sampai habis baterainya dan pastikan ponsel Xiaomi Anda baterai kosong.
  2. Kemudian cas baterai Xiaomi hingga 100% penuh. 
  3. Proses pengisian daya baterai harus dilakukan dengan satu proses pengisian daya. 
  4. Pastikan proses pengisian daya penuh.
  5. Setelah baterai penuh, Anda dapat menghidupkan perangkat dan menggunakannya untuk bermain game, surfing, sms, telepon, video streaming sampai baterai kosong.
  6. Jika perangkat kosong, isi ulang batre smartphone Xiaomi sampai 100% terisi. 
  7. Jangan lupa untuk segera mencabut kabel casing ketika baterai sudah terisi penuh.
  8. Nah, proses kalibrasi baterai Xioami selesai!

Cara Kalibrasi Baterai Xiaomi dengan Menggunakan Aplikasi 

Aplikasi Kalibrasi Baterai
Ilustrasi : Aplikasi Kalibrasi Baterai
  1. Download dulu aplikasi Battery monitor lewat link ini dan menginstalnya seperti biasa pada smartphone Xiaomi Anda
  2. Setelah diinstal, maka opsi untuk menambahkan widget akan muncul
  3. Selanjutnya sambungkan smartphone Xiaomi ke kabel pengisi daya dan isikan
  4. Kemudian ketika baterai ponsel Xiaomi penuh, jangan segera keluarkan kabel pengisiannya, tetapi perhatikan nomor pada widget baterai monitor. 
  5. Jika telah menampilkan jumlah kapasitas baterai yang optimal, maka Anda dapat mencopotnya
  6. Lalu silakan restart hp
  7. Selamat atas ponsel Xiaomi Anda selesai dikalibrasi
Setelah proses kalibrasi baterai Xiaomi berhasil diselesaikan, sistem akan menampilkan kapasitas daya sesuai dengan kondisi aktual. Tentu saja, Anda tidak lagi melihat kapasitas dari baterai yang mendadak penuh atau habis, atau baterai yang terjebak pada persentase tertentu dan tidak bisa penuh saat pengisian.

Semoga apa yang kami sampaikan diatas terkait dengan cara kalibrasi baterai xiaomi bisa membantu baterai hp kalian agar bisa menjadi tahan lama. Jika ada yang ditanyakan silahkan masukkan pada komentar dibawah. Anda juga bisa membaca cara menghemat baterai xiaomi. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *