Cara Melestarikan Cerita Rakyat
Cara Melestarikan Cerita Rakyat

√ 5+ Cara Melestarikan Cerita Rakyat Agar Tidak Punah

Cara Melestarikan Cerita Rakyat – Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya cerita rakyat Nusantara, Cerita rakyat memang sudah melekat ditelinga masyarakat. Baik dikalangan atas ataupun bawah. Indonesia sendiri merupakan negara yang memiliki kekaayaan alam serta budaya.

Sebagai sebuah negara yang terbentu dengan banyak pulau, tidak heran jika indonesia memiliki banyak keragaman yang bahakan banyak belum terdokumentasikan dan mulai ditinggalkan oleh masyarakat karena dianggap kuno dan dianggap tidak menarik dijaman globalisasi dan modern seperti sekarang ini.

Banyak juga terjadi klaim oleh budaya lain karena kurangnya kesadaran untuk melestarikan kebudayaan, sangat disayangkan sekali jika budaya yang seharusnya menjadi unsur kekayaan dan identitas bangsa kita hilang karena punah atau klaim.

Dari sekian banyak kekayaan budaya di Indonesia salah satu hal diperhatikan kelestariannya adalah buday sastra lisan yaitu Cerita rakyat di masing-masing tiap daerah.

Cerita rakyat tergolong didalam pelestarian kebudyaan ide. Hal ini memiliki makna cerita2 tersebut mengandung nilai nilai luhur bagi kehidupan bermasyarakat, baik yang memiliki sifat mendidik dan menghibur. Fungsi dari cerita rakyat amat penting bagi masyarakat, oleh sebab itu, perlu adanya upaya melestaraikan cerita rakyat.

Dimana pelestarian tersebut agar nilai nilai budaya yang ada dapat diwariskan kepada generasi berikutnya. Bukan hanya itu upaya pelestarian dilakukan guna agar budaya ide itu tidak punah ataupun diklaim oleh masyarakat lain yang sebenarnya buan pemilik yang sah.

Apa sih Cerita Rakyat itu ?

Cerita rakyat merupakan kepercayaan, legenda, atau adat istiadat suatu bangsa yang telah lahir dan ada sejak lama, yang diwariskan secara turun temurun baik dengan lisan ataupun tertulis. Sebagai salah satu bagian budaya, cerita rakyat hidup dan menjadi milik masyarakat dimasa lampau yang dipelihara oleh pendududuk secara turun temurun.

Kenapa Kita Perlu Melesetarikan Cerita Rakyat ?

1. Karena Cerita Rakyat merupakan Warisan Budaya Bangsa

Cerita rakyat adalah sakar dari Budaya bangsa yang artinya cerita rakyat memiliki unsur yang bereperan sebagai pembentukan kebudayaan dalam kehidupan masyarakat.

2. Cerita Rakyat sebagai identitas daerah yang mewakili Identitas bangsa.

Saat kita mendengar cerita malin Kundang, Timun Mas, Nyai Roro kidul, kita akan tahu bahwa cerita tersebut berasal dari sumatera Barat dan Jawa tengah, begitu pula dengan cerita cerit lainnya. Hal tersebut dapat diakatan bahwa cerita tersebut mewakili daerah asalnya sebagai identitas bangsa.

3. Pesan moral sebagai sarana edukasi

Pada zaman dahulu orang tua sering menjdaikan cerita rakyat sebagai serana edukasi bagi anak anaknya supaya  anak anaknya tidak meniru hal yang tidak baik serta mencontoh hal yang baik dari cerita sehingga mereka memiliki karakter seperti yang diharapkan oleh orangtuanya.

Bagaimana Cara Melestarikan Cerita Rakyat ?

Berdasarkan alsan-alasan yang telah dipaparkan, cerita rakyat daerah sangat layak sekali untuk dilestarikan, untuk melestarikan cerita rakyat daerah, semua golongan masyarakat bisa terlibat dengan cara sebagai berikut :

1. Menumbuhkan kesadaran dan rasa bangga bahwa cerita rakyat merupakan kekayaan budaya kita bersama sebagai bangsa indonesia

Sebagai bangsa Indonesia kita harus bangga dan seharusnya ikut berperan dalam menjaga dan melestarikan cerita rakyat sebagai kekayaan budaya Indonesia, melalui cerita rakyat kita bisa tahu dan mengenal keberagaman yang ada di Indonesia.

2. Mempelajari cerita rakyat agar tumbuh rasa kecintaan terhadap budaya kita

Mulai membaca, mencari tahu, bahkan mendalami hal hal yang berkaitan dengan cerita rakyat tersebut sehingga tumbuhlah rasa kecintaan terhadap budaya kita sendiri dengan begitu akan lebih mudah untuk mengajak orang lain untuk melestarikannya.

3. Mengajak orang orang disekitar

Mengajak keluarga, teman dan masyarakat sekitar untuk minimal mengenal cerita rakyat daerah karena biasanya dari mulai mengenal orang akan mulai penasaran dan ingin tahu lebih dalam.

4. Mengajak melalui media sosial

Mengajak dan mengkampanyekan cerita-cerita rakyat dengan menggunakan konten konten yang menarik dan unik yang membuat orang tertarik dan tidak mudah bosan.

5. Ikut berperan aktif dalam kegiatan pelestarian cerita rakyat daerah

Ikut berperan aktif dalam kegiata pelestarian cerita rakyat contohnya mengajarkan ,mengajak atau mengkampanyekan kepada masyarakat tentang hal yang berkaitan dengan cerita rakyat melalui berbagai kegiatan seperti melalui kegiatan kerelawanan maupun aktif melalui media sosial.

Mungkin itulah yang bisa kami sampaikan terkait dengan cara melestarikan cerita rakyat, oiya kalian juga bisa membaca tulisan sebelumnya mengenai macam macam cerita rakyat. Terimakasih

Review Artikel

Rating

Rating Artikel

User Rating: Be the first one !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.