Cara Penulisan Daftar Pustaka

√ 4+ Tata Cara Penulisan Daftar Pustaka Yang Baik dan Benar


Cara Penulisan Daftar Pustaka – Jika anda pernah membuat sebuah karya tulis atau makalah tentu anda pernah membuat daftar pustaka yang membantu anda agar tulisan pada karya ilmiah anda bisa dipertanggung jawabkan kebenerannya, secara umum daftar pustaka adalah tulisan yang tersusun di akhir sebuah karya ilmiah atau karya tulis yang dibuat oleh seseorang (pelajar, mahasiswa atau dosen).

Advertisement

Pada konsepnya daftar pustaka umumnya berisi nama penulis, judul tulisan, penerbit, identitas penerbit dan tahun terbit yang dijadikan sebagai sumber atau rujukan seorang penulis ketika mereka membuat sebuah karya ilmiah baik itu berbentuk buku, skripsi, makalah, artikel atau karangan yang bersifatnya non abstrak.

Tahukah anda bahwa ada beberapa teknik yang perlu anda ketahui dalam membuat Penulisan Daftar Pustaka Yang Baik dan Benar, termasuk diantaranya wajib menggunakan kata baku dan tidak mengikat, Disusun berdasarkan urutan abjad berturut-turut dari atas ke bawah.

Susunannya tidak menggunakan urutan angka dan huruf dan juga Jarak penyusunan antara sumber antara pengarang satu dengan pengarang yang lain biasanya menggunakan jarak spasi atau space line dalam membuatnya, nah untuk lebih jelasnya berikut Cara Penulisan Daftar Pustaka Yang Baik dan Benar

1. Cara Penulisan Daftar Pustaka dari Buku

A. Satu Pengarang

Saat anda membuat karya ilmiah dan berniat mengambil nama pengarang dari sebuah buku maka anda wajib menuliskannnya dengan kaidah tata cara penulisan yang baik dan benar, jika anda menuliskan nama pengarang maka penulisannya wajib dibalik.

Misalnya nama Muhammad Ali, maka penulisannya adalah Ali, Muhammad, dan kemudian dilanjutkan dengan penulisan Tahun terbit. Judul buku. Tempat Terbit: Nama Penerbit pada daftar pustaka yang anda buat, sebagai contoh

“Ali, Muhammad. 2017. Grammar of English: spell of Grammar. Yogyakarta: Gramedia”

B. Dua dan Tiga Pengarang

Adapun jika anda membuat daftar pustaka Dengan Dua dan Tiga Pengarang, maka penulisan daftar pustaka yang baik dan benar adalah sebagai berikut :

“Ali, Muhammad., dan Muhammad Sodiqin. 2000. Tenses of English. Jakarta: Bagian Penerbitan Manajemen Informatika UNY.”

C. Tanpa Pengarang

Sedangkan jika anda membuat daftar pustaka di sebuah buku Tanpa Pengarang, maka penulisan daftar pustaka yang baik dan benar adalah sebagai berikut :

“Depdiknas. 2017. Grammar of English and Slank Of America. Jakarta: Bagian Penerbitan Manajemen Informatika UNY.”

2. Cara Penulisan Daftar Pustaka Dari Majalah

Menurut kaidah bahasa indonesia, tata cara penulisan daftar pustaka dari sebuah majalah hampir sama dengan tata cara penulisan dari sebuah buku, adapun tata cara penulisan daftar pustaka yang baik dan benar dari sebuah majalah adalah sebagai berikut :

“Ali, Muhammad. 2017. Gerund in Grammar of english. Jakarta: Majalah bahasa inggris, No. 6 Thn. 2017. (22 maret – 23 april 2017)”

3. Cara Penulisan Daftar Pustaka Dari Buletin

Sedangkan tata cara penulisan daftar pustaka yang baik dan benar yang diambil dari sebuah bulletin adalah sebagai berikut :

“Jordan Michael, C.W.J.

Advertisement
2015. Developments in the study of Englis, Oxford Bulletin of Grammars. Vol. 48:225-238.”

4. Cara Penulisan Daftar Pustaka dari Artikel Internet

Terakhir Cara Penulisan Daftar Pustaka Yang Baik dan Benar jika diambil dari artikel di sebuah website di internet adalah sebagai berikut :

“Sodikin, Ali. 2017. Grammar of english: tenses and Slang of Amerika Diambil dari: www.tatabahasainggris co.id/articles/bandung-it.doc. (30 September 2017)”

Mungkin hanya itu ulasan saya mengenai tata Cara Penulisan Daftar Pustaka Yang Baik dan Benar, semoga dengan tutorial diatas dapat berguna bagi pembaca sekalian dalam membuat sebuah daftar pustaka di karya ilmiah anda, semoga bermanfat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.