Sebutan, Hikmah dan Keutamaan Bulan Ramadhan

Hai sahabat Ahsaniku yang dirahmati oleh Allah SWT. Pada kesempatan yang berbahagia ini kita akan memahami bersama arti sesungguhnya dari hadirnya Bulan Ramadhan yang penuh rahmat ini. Alhamdulillah, Ramadhan datang kembali, bersyukur kita semua dapat melaksanakan rukun Islam yang keempat, yaitu berpuasa di bulan suci ini.

Tidak hanya ummat Islam yang melaksanakan perintah puasa, melainkan ummat Yahudi juga diharuskan berpuasa empat puluh hari sebagaimana di tentukan dalam kitab Taurat, bahkan dalam kitab Injilpun menjelaskan untuk melakukan ibadah puasa bagi ummat Nasrani yang bertujuan untuk memperingati kebangkitan Isa Al-masih dari dalam kubur

Puasa Ramadhan bagi ummat Rasulullah SAW di lakukan pada satu bulan dalam satu tahun, yaitu puasa pada bulan Ramadhan yang sebagaimana di jelaskan dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah :183, dalam ayat tersebut menjelaskan berpuasa diperuntukkan bagi orang-orang yang beriman, dan sebagaimana yang dilakukan oleh ummat terdahulu, yang bertujuan menambahkan hambah untuk bertaqwa.

Sebutan Untuk Bulan Ramadhan

Terdapat banyak sebutan mengenai bulan Ramadhan, yakni :

  1. Pertama, Bulan Ramadhan adalah Syahru Siam, dimana seluruh ummat islam melakukan puasa.
  2. Kedua, Ramadhan merupakan Syahrul Mubarokah dimana bulan penuh berkah, barokah mempunyai makna “Jiyadatul Khoir” yaitu tambahnya kebaikan, semua ummat Islam berlomba-lomba untuk melakukan kebaikan, memperbanyak Ibadah, bersedekah, karena pada bulan Ramadhan juga amal ibadah dilipat gandakan dibanding dengan bulan lainnya. Selain itu, dalam bulan Ramadhan umat Islam juga melakukan Ibadah zakat sebagai pembersih dan penyempurna puasa.
  3. Ketiga, bulan Ramadhan adalah Syahru Karomah yaitu bulan yang sangat mulia diantara bulan-bulan yang lainnya, dalam bulan Ramadhan terdapat malam lailatul Qadr, dimana malam yang lebih baik dari seribu bulan seperti yang dijelaskan dalam Al-Qur’an surat Al-Qadr, selain itu pada bulan Ramadhan juga diturunkannya Al-Qur’an, kitab suci sebagai panutan ummat Islam.
  4. Keempat bulan Ramadhan merupakan Syahru Rahmah, dimana ummat Islam saling mengasihi, semakin tumbuh kekeluargaan, kasih sayang dengan sesama muslim, dengan berpuasa seorang muslim dapat merasakan rasa lapar dan dahaga sebagaimana yang dirasakan saudara lainnya.
  5. Kelima bulan Ramadhan merupakan Syahrul Maghfiroh, bulan dimana Allah SWT memberikan pengampunan kepada hambanya yang melakukan kesalahan dengan melakukan taubat serta mendekatkan diri dengan cara memperbanyak beribadah kepada-Nya.

Membahas fadhilah dan keutamaan bulan Ramadhan tentunya tidak terlepas difikiram kita dengan berpuasa, puasa . mendengar datangnya Ramadhan identik dengan puasa karena bulan Ramadhan itu sendiri adalah bulan puasa, puasa adalah semata-mata beribadah dan mencari ridha Allah SWT, selain itu juga terdapat banyak manfaat dan juga hikmah dari berpuasa.

Puasa tidak hanya menahan lapar dan dahaga, namun puasa adalah menjaga segalanya dari tidak makan dan minum, tidak melakukan hal-hal yang menyakiti orang lain dan merusak pahala berpuasa seperti menggunjing dan sebagainya, serta dapat menjaga diri dari hawa nafsu serta amarah.

Hikmah dan Manfaat Bulan Ramadhan

Menurut para ahli sebagaimana yang dikutib oleh Asyhari Syamsuri dalam bukunya meraih bahagia dunia dan akhirat menjelaskan mengenai hikmah dan manfaat berpuasa, di antaranya adalah:

  • Menurut Imam Ghazali: “ syahwat adalah alat bagi syaitan yang membawa manusia pada kehancuran” untuk membendung kegiatan syaitan maka syahwat harus ditekan, salah satu caranya adalah dengan berpuasa.
  • Menurut Zakiyah Daradjah: puasa mengandung hikmah terhadap jasmani dan ruhani. Hikmah terhadap ruhani ialah melatih agar disiplin mengendalikan dan mengontrol hawa nafsu agar tidak semena-mena memunculkan keinginanya. Sebab bila nafsu dibebaskan tanpa kendali manusia akan menjadi budak nafsu itu sendiri, bila itu terjadi ruhani manusia akan rusak.
  • Menurut Habsi Ashshidiqi: dengan berpuasa dapat merevolusi kebiasaan agar manusia tidak sebagai alat perkakas yang digerakkan secara otomatis oleh adat kebiasaan, selain itu puasa juga dapat menumbuhkan rasa persaudaraan serta merasakan bagaimana merasakan kepedihan kelaparan, timbul belas kasihan dan kekeluargaan, dengan berpuasa juga mendidik kita untuk membersihkan jiwa, menambahkan ketaqwaan serta menjauhkan diri dari kemaksiatan.
  • Menurut Wawan Susetya: dengan berpuasa dapat membuang sel-sel yang rusak sekaligus hormone atau zat-zat yang melebihi jumlah dari yang dibutuhkan tubuh, mengistirahatkan organ pencernaan, memblokir kuman-kuman termasuk bakteri, virus maupun sel kanker, menyeimbangkan kadar asam dan basa dalam tubuh, menstabilkan hormone karena jika kekurangan atau kelebihan hormone akan menjadikan tekanan sehingga menjadikan tekanan dan stress, memperlambat proses penuaan, menyimpan energy, istirahat lebih nyenyak, kulit lebih bersinar karena berdasarkan penelitian medis bahwa orang berpuasa terjadi proses peremajaan sel-sel dalam tubuh, sehingga berpengaruh positif bagi kulit orang yang berpuasa, dengan berpuasa juga dapat memperbaiki daya ingat, meningkatkan daya tahan tubuh karena mekanisme dapat mengurangi konsumsi kalori yang bermanfaat serta mengurangi laju metabolism energy sehingga sebagai bukti orang yang berpuasa suhu tubuh akan menurun dan hal tersebut menunjukkan pengurangan konsumsi oksigen, dengan berpuasa juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Keutamaan Bulan Ramadhan

Berdasarkan hadits Rasulullah yang diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhori “Shumu tashihhu” berpuasalah kalian maka kalian akan sehat (H.R. Bukhori) sudah jelas bahwa Rasulullah mengajarkan terapi dengan secara alami, di samping sehat, mendapat pahala,dan juga di ampuni dosa-dosanya.

1. Bulan diturunkannya Al-Qur’an

Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia. Mengapa? Karena di bulan ini pertama kali kitab suci umat Islam Al-Qur’an diturunkan. Seperti yang tertulis dalam Q.S Al-Baqorah 185 yang bahwa Allah memuji bulan Ramadhan dari bulan-bulan lainnya karena bulan ini dipilih sebagai bulan diturunkannya Al-Qur’an.

2. Amal sholeh yang berlipat ganda

Dalam sebuah hadis dikatakan bahwa bulan Ramadhan adalah waktu dimana kita mendekatkan diri kepada Allah SWT maka nilainya sama dengan tujuh puluh kali lipat dari kewajiban yang dilakukan di bulan-bulan lainnya. Di bulan Ramadhan ini juga, umat muslim berlomba-lomba dalam kebaikan dan menjalankan amalan sholeh lainnya.

3. Bulan penuh berkah

Inilah alasan mengapa bulan Ramadhan juga disebut sebagai malam seribu bulan. Karena saat seorang muslim melakukan sebuah kebaikan di bulan Ramadhan, ia akan mendapat keberkahan yang nilainya sama dengan seribu bulan.

4. Bulan pengampunan dosa dan dikabulkannya doa-doa

Dalam sebuah Hadis Riwayat Bukhari dijelaskan bahwa setiap muslim berkesempatan untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya bahkan dengan ibadah yang sempurna pada bulan puasa akan menjadikan kita kembali bagaikan seorang bayi yang baru lahir. Di bulan Ramadhan juga, Allah berfirman bahwa setiap doa yang dipanjatkan maka pasti akan dikabulkan.

5. Terdapat malam Lailatur Qadar

Malam ini merupakan malam yang didamb-dambakan oleh setiap umat musli saat bulan Ramadhan. Malam yang terdapat di salah satu dari 10 hari terakhir bulan Ramadhan ini merupakan malam yang paling baik diisi oleh doa-doa yang baik dan mukjizat dapat turun di malam Lailatul Qadar.

Bersyukur kita yang masih bisa menikmati bulan Ramadhan, karena selain bulan yang penuh rahmah dan ampunan ini, Ramadhan juga membawa banyak barokah di antaranya menambahkan kita kepada kebaikan, kita dapat merasakan nikmat lebih besar, kita bias melakukan berpuasa yang puasa itu sendiri mempunyai banyak hikmah dan manfaat yang dapat kita rasakan.

Disamping sehat jasmani dan ruhani kita juga dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT serta mendapat ampunan dari semua dosa-dosa yang pernah kita lakukan sebelumnya. Itulah ulasan penulis mengenai Mengungkap Keutamaan Bulan Ramadhan semoga dapat bermanfaat untuk sahabat semua.

Rating Artikel
Review Date
Reviewed Item
Sebutan, Hikmah dan Keutamaan Bulan Ramadhan
Author Rating
51star1star1star1star1star

15 thoughts on “Sebutan, Hikmah dan Keutamaan Bulan Ramadhan

  1. Memang sunggu menakjubkan keutamaan dari bulan ramadhan, salah satu yang menjadikan saya lebih bersemangat dalam beribadah, mengingat dosa yang begitu besar, terimakasih atas informasinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *