Shalat Sunnah Rawatib

9 Keutamaan Yang di dapat dari Shalat Sunnah Rawatib

Hai Sahabat Ahsaniku.com, pada kesempatan yang sangat berbahagia ini kita akan belajar mengenai keutamaan shalat sunnah rawatib. Rawatib berasal dari kata ‘raatib‘ yang mempunyai maksud berterusan. Shalat Sunat Rawatib dilakukan beriringan secara berterusan sebelum dan sesudah shalat fardlu lima waktu yaitu ada dua puluh dua rakaat, terdiri dari sepuluh rakaat muakkad (kuat/penting) dan dua belas rakaat ghairu muakkad (kurang penting)Shalat Sunnah Rawatib

Hadist Nabi Muhammad Tentang Shalat Sunnah Rawatib

“Telah berkata Abdullah bin Umar : Saya ingat dari (shalat sunat) Rosulullah saw sepuluh rakaat yaitu dua rakaat sebelum Dzuhur dan dua rakaat sesudahnya, dua rakaat sesudah Maghrib di rumahnya, dua rakaart sesudah Isya dirumahnya dan dua rakaat sebelum shalat Shubuh” (Hadist diriwayatkan oleh Imam Buhari).

Sepuluh rakaat yang muakkad yaitu :

  1. Dua rakaat sebelum shalat fardlu Shubuh
  2. Dua rakaat sebelum shalat Dzuhur atau shalat Jum’at
  3. Dua rakaat sesudah shalat fardlu Dzuhur atau sahalat Jum’at
  4. Dua rakaat sesudah shalat fardlu Magrib
  5. Dua rakaat sesudah shalat fardlu Isya

(baca juga : keutamaan shalat tahajud)

Keutamaan Yang di dapat dari Shalat Sunnah Rawatib

  1. Qabliyah Subuh : Lebih baik dari dunia seisinya
  2. Qabliyah dan bakdiyah dzuhur 4 rokaat : Sama seperti ibadah 12 tahun
  3. Qabliyah Ashar 4 rokaat : Langsung didoakan Nabi, Jasadnya haram dimasukkan ke neraka
  4. Bakdiyah maghrib 2 rokaat : Menjadi Ahlullah, dan Ahlul jannah
  5. Bakdiyah Isyak : Pintu syurga selalu terbuka baginya
  6. Shalat Tashbih : Semua permintaan dikabulkan Allah SWT
  7. Bakdiyatal Wudhu : Di jamin oleh Allah masuk syurga
  8. Shalat Istikhoroh : Tidak akan menyesal seumur hidupnya
  9. Shalat Dhuha : Akan dilapangkan segala urusannya

Mutiara Hikmah dari Shalat Sunnah Rawatib

  1. Shalat sunnah rawatib adalah shalat sunnah yang dikerjakan sebelum dan sesudah shalat wajib lima waktu.
  2. Dalam riwayat lain hadits ini dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan dan memerinci sendiri makna “dua belas rakaat” yang disebutkan dalam hadits di atas, yaitu: empat rakaat sebelum shalat Zhuhurdan dua rakaat sesudahnya, dua rakaat sesudah Magrib, dua rakaat sesudah Isya’ dan dua rakaat sebelum Subuh. Adapun riwayat yang menyebutkan: “…Dua rakaat sebelum shalat Ashar”, maka ini adalah riwayat yang lemahkarena menyelisihi riwayat yang lebih kuat yang kami sebutkan sebelumnya.
  3. Keutamaan yang disebutkan dalam hadits di atas adalah bagi orang yang menjaga shalat-shalat sunnah rawatib dengan melaksanakannya secara kontinyu, sebagaimana yang dipahami dan dikerjakan oleh Ummu Habibah radhiyallahu ‘anha, perawi hadits di atas dan demikian yang diterangkan oleh para ulama
  4. Jika seseorang tidak bisa melakukan shalat sunnah rawatib pada waktunya karena ada udzur (sempitnya waktu, sakit, lupa dan lain-lain) maka dia boleh mengqadha (menggantinya) di waktu lain. Ini ditunjukkan dalam banyak hadits shahih.
  5. Dalam hadits ini terdapat peringatan untuk selalu mengikhlaskan amal ibadah kepada Alah Ta’ala semata-mata.
  6. Hadits ini juga menunjukkan keutamaan amal ibadah yang dikerjakan secara kontinyu. Rasulullah shallallahu
    ‘alaihi wa sallam bersabda: “Amal (ibadah) yang paling dicintai Allah Ta’ala adalah amal yang paling kontinyu dikerjakan meskipun sedikit.”
  7. Semangat dan kesungguhan para sahabat dalam memahami dan mengamalkan petunjuk dan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, inilah yang menjadikan mereka lebih utama dalam agama dibandingkan generasi yang datang setelah mereka.

Alhamdulillah akhirnya selesai juga tulisan ini, semoga artikel dengan judul Keutamaan Shalat Sunnah Rawatib ini dapat membawa manfaat untuk anda. Kami sebagai penulis mohon maaf yang sebesar besarnya apabila ada kesalahan kata atau penulisan, karna tiada yang sempurna didunia ini.

13 thoughts on “9 Keutamaan Yang di dapat dari Shalat Sunnah Rawatib

  1. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
    الحمد لله رب العالمين خير خَيْرَ
    سبحان الله،،خير… Juga buat pendididkan

  2. Sebelum sholat jumat biasanya sholat dulu…namanya sholat apa?

    Ketika pertama kali kita datang ke masjid biasanya kan sholat sunah dulu…sholat apa namanya.? terus setelah adzan juga sholat sunah lagi apa namanya? Terimakasih jika membantu menjawab

  3. Membaca doa iftitah hukumnya sunat, sunat apabila dilaksanakan mendapat pahala apabila tidak dilaksanakan tidak mendapat dosa. jadi lebih baik dibaca agar mendapatkan nilai plusnya dari membacanya itu.

  4. Sebaik-baiknya shalat sunnah itu di rumah, untuk membentengi rumah dari syetan. Dan sebaik-baiknya shalat wajib itu di mesjid. Adapun yang pernah saya dengar, kalau datang ke masjid, sebagai "penghormatan" lakukanlah shalat sunnah tahiyyatal masjid terlebih dahulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *