Macam Macam Cerpen

Jika kalian sering membaca majalah atau surat kabar, pasti kalian sering membaca atau melirik kertas ada cerita pendek atau cerita lucu. Ya, tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan cerita pendek di Indonesia memang sangat banyak peminatnya. Hal ini karena cerita pendek umumnya lebih menarik untuk dibaca dibandingkan dengan novel, Surat Kabar atau majalah.

Cerita pendek umumnya berisi anekdot yang ditulis langsung ke jantung masalah. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika cerpen lebih disukai oleh banyak orang. Menurut Sumardjo dan Saini yang merupakan pakar cerpen dan ahli bahasa Indonesia menyatakan bahwa jenis cerpen umumnya dibagi menjadi 4 variant yang berbeda, yakni cerpen romantis (cinta & kasih sayang), cerpen lucu, cerpen anak dan cerpen dewasa.

Dari keempat jenis cerpen ini pun dibagi lagi menjadi beberapa bagian, baik itu dari alur/plot cerita, konten cerita dan juga karakter cerita, nah untuk lebih jelasnya berikut ini macam macam cerpen yang banyak peminatnya di Indonesia.

  5 Macam Macam Jerawat dan Cara Menghilangkannya

Macam Macam Cerpen yang Populer di Indonesia

Macam Macam Cerpen

1. Cerpen Cinta

Cerita pendek pertama yang populer di Indonesia adalah kisah cinta. Cerita pendek semacam ini umumnya sepenuhnya membahas tentang kehidupan remaja, tentang cinta dan kasih sayang. Plot dalam kisah cinta umumnya menggunakan flashback alur dari masa lalu, sementara ada beberapa orang yang dimasukkan dalam cerita.

Cerita pendek ini telah populer di Indonesia sejak 1990, yang terus tumbuh sejauh ini, dan banyak yang ditulis di koran, majalah dan bahkan dalam buku yang dijual untuk menarik perhatian.

2. Cerpen Anak

Tidak seperti cerpen cinta, cerita pendek anak ini umumnya memiliki plot yang lebih ringan, ringkas, dan juga sedikit, secara umum plot yang digunakan dalam cerita pendek anak ini hanya berisi tentang alur maju tanpa Flashback, sementara karakter dalam cerita pendek dari anak ini umumnya kartun.

  7 Macam Macam Jamur Beracun di Dunia

Cerita pendek anak ini didominasi oleh majalah anak seperti Bobo, Annida Magazine dan majalah anak lainnya.

3. Cepen Dewasa

Karakter yang penuh isi, plot campuran dan di dominasi cerita panjang umumnya diterapkan pada cerita pendek dewasa. Cerpen ini juga biasanya menceritakan sebuah cerita yang dewasa, seperti perkawinan, perceraian, pasangan dan kematian. Secara umum, cerita pendek hari ini ditulis dalam buku tebal dan dengan penuh cerita pendek.

4. Cerpen Lucu

Jenis cerita pendek yang terakhir adalah cerita pendek yang lucu, secara umum jenis cerita pendek ini lebih menarik untuk dibaca dan disukai oleh banyak orang karena cerita pendek lucu dibuat secara sadar sehingga pembaca tidak bosan. Biasanya cerita pendek ini banyak dicari karena mereka dapat diceritakan kembali ke teman kita.

  10 Macam Macam Formasi dalam Permainan Sepak Bola

Sementara alur yang digunakan dalam cerita pendek yang lucu ini umumnya mengandung alur campuran, karakternya lebih lengkap dan juga didominasi oleh cerita yang lebih ringan. Fitur cerita pendek lucu ini umumnya rekayasa, narasi dan memiliki kesan tunggal.

Mungkin itu hanya penjelasan saya tentang berbagai jenis cerpen yang banyak peminatnya di Indonesia. Dan jika dirasa ada kekurangan dalam tulisan diatas mohon kritik serta sarannya supaya tulisan diatas bisa lebih baik lagi. Semoga bermnafaat.

Rating Artikel
Review Date
Reviewed Item
4 Macam Macam Cerpen yang Banyak Peminatnya di Indonesia
Author Rating
51star1star1star1star1star

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *