10 Macam Macam Formasi dalam Permainan Sepak Bola

Di kesempatan ini kami akan membahas macam macam formasi sepak bola. Iya, sejak dipopulerkan oleh Negara Inggris pada abad 19 yang lalu, Olahraga sepak bola telah bertransformasi menjadi salah satu olahraga yang sangat populer di dunia, bahkan menurut keterangan dari FIFA (Federation International Football Acceration)

Menyatakan bahwa ada lebih dari 300 juta orang di seluruh penjuru dunia yang memainkan olahraga sepakbola setiap harinya, nah oleh sebab itu maka tak heran jika olahraga ini sangat populer di dunia pada beberapa tahun terakhir. Jika kita berbicara mengenai sepak bola tentu kita tidak bisa terlepas dari yang namanya Formasi

Formasi merupakan susunan strategi yang digunakan oleh seorang Manager/pelatih guna memenangkan suatu laga pertandingan, secara umum ada banyak sekali macam macam formasi sepak bola yang populer di dunia, bahkan satu diantaranya menjadi salah satu formasi paling mematikan lawan dalam sebuah laga pertandingan sepak bola

Nah untuk lebih jelasnya berikut 10 macam macam formasi sepak bola yang kami lansir dari situs resmi fifa.com

Macam Macam Formasi Sepak Bola

1. Formasi 4-4-2

Formasi 4-4-2
Ilustrasi : Formasi 4-4-2

Jenis formasi sepak bola Yang Populer di Dunia yang pertama adalah formasi 4-4-2, formasi yang satu ini menjadi salah satu formasi andalan skuad Manchester city ketika mereka bermain di lapangan hijau, adapun formasi 4-4-2 memiliki kriteria dimana ada 4 orang bek, 4 orang gelandang dan 2 orang penyerang yang bermain dalam satu team kesebelasan, baik untuk pola pertahanan dan juga pola penyerangan.

Menurut banyak pelatih di dunia termasuk Carlo Anceloti menilai bahwa formasi 4-4-2 ini sangat efektif karena formasi ini lebih terfokus pada serangan yang dilakukan dari bagian sayap dan mengirimkan umpan bola lambung dan assist, gol bisa dicapai dengan lebih mudah dengan menggunakan formasi ini

2. Formasi 4-4-1-1

Formasi 4-4-1-1
Ilustrasi : Formasi 4-4-1-1

Selain formasi 4-4-2 juga ada formasi 4-4-1-1 yang konsepnya hampir memiliki kesamaan, dimana pada formasi ini terdapat suatu pola pemain dengan 4 bek, 4 gelandang, dan 2 penyerang, adapun Yang membedakan adalah di formasi ini pemain penyerang terbagi lagi menjadi dua, yaitu 1 second striker dan 1 penyerang.

Selain itu juga Formasi ini lebih cenderung mengandalkan satu penyerang handal di depan, yang juga dapat dengan mudah menciptakan gol-gol krusial dengan dibantu oleh second striker sebagai serangan bayangan. formasi 4-4-1-1 sering kali digunakan oleh Kesebalasan Nigeria, Kamerun dan Juga Afrika Selatan.

3. Formasi 4-3-2-1

Formasi 4-3-2-1
Ilustrasi : Formasi 4-3-2-1

Formasi sepak bola Yang Populer di Dunia yang selanjutnya adalah 4-3-2-1, formasi ini sangat sering digunakan oleh Real Madrid kala menjalani laga pertandingan, formasi 4-3-2-1 atau yang lebih populer dengan istilah formasi trisula.

Ini mengandalkan pola permainan yang terdiri dari 4 orang pemain bek, 3 orang gelandang tengah, 2 orang gelandang sayap penyerang, dan 1 orang penyerang , formasi ini dinilai sangat efektif dalam sistem menyerang dan juga bertahan.

4. Formasi 4-3-3

Formasi 4-3-3
Ilustrasi : Formasi 4-3-3

Jenis formasi sepak bola Yang Populer di Dunia yang terakhir adalah Formasi Sepak Bola 4-3-3, pada dasarnya formasi ini menggandalakan 4 bek 3 gelandang dan juga 3 penyerang yang masing-masing penyerang bisa bertukar posisi, umumnya formasi ini digunakan oleh keselasan Timnas Indonesia saat menjalani laga pertandingan.

5. Formasi 4-5-1

Formasi 4-5-1
Ilustrasi : Formasi 4-5-1

Formasi sepak bola dalam formasi ini akan digunakan oleh pemain sebagai formasi defensif, dan pelatih akan menggunakannya jika ia ingin bermain aman. Jika Anda telah mencetak gol yang cukup, maka tim lawan akan melakukan serangan terus menerus dan kalian harus bertahan.

Pelaksanaan Formasi ini tidak hanya berfungsi untuk bertahan, tetapi juga untuk menyerang jika ada kesempatan. Formasi 4-5-2 menyerupai formasi 4-1-4-1 dengan tujuan yang sama, yaitu untuk bertahan. Untuk posisi pembentukan ini ada 4 bek, kemudian 5 gelandang dan 1 penyerang.

6. Formasi 5-3-2

Formasi 5-3-2
Ilustrasi : Formasi 5-3-2

Formasi sepak bola 5-3-2 untuk memilih pertahanan, ada juga 5-3-2, dan meskipun kita tahu bahwa nomor 5 digunakan di sini, formasi sebenarnya menggunakan 3 pemain tengah di belakangnya. Para gelandang tengah mempersiapkan pertahanan di sebelah kanan dan kiri. Posisi ini biasanya diisi oleh sayap bek.

Sementara itu, peran dua gelandang tengah juga menyerang dengan posisi di tengah. Posisi dari 1 gelandang bertahan tergantung pada 2 gelandang yang harus tetap di kiri dan kanan. Untuk 2 penyerang di depan tetap pada posisinya.

7. Formasi 5-4-1

Formasi 5-4-1
Ilustrasi : Formasi 5-4-1

Formasi sepak bola 5-4-1 dalam formasi ini, pertahanan yang paling dapat diandalkan dan harus selalu siap untuk serangan balasan. Ada 2 sayap yang dapat maju dalam serangan dengan 2 gelandang yang pekerjaan utamanya adalah untuk memberi umpan tertarget. Dengan formasi ini, serangan balasan diharapkan efektif.

Dalam formasi ini, seorang penyerang juga perlu bergerak cepat sehingga setiap kesempatan yang tersedia dapat digunakan untuk mencetak gol. Dalam formasi ini, pemain biasanya juga harus menendang dengan keras sehingga kiper tidak dapat menahannya, tetapi juga tidak terlalu sering supaya tidak mudah ditebak.

8. Formasi 3-6-1

Formasi 3-6-1
Ilustrasi : Formasi 3-6-1

Formasi sepak bola 3-6-1 informasi ini jarang digunakan oleh pelatih sepak bola, tetapi juga salah satu formasi terbaik saat bermain. Formasi ini dipandang sebagai yang paling cocok jika permainan defensif yang akan diterapkan tetapi kreativitas juga terkonsentrasi di lini tengah.

Dalam formasi ini ada 3 bek yang dikerahkan dan diatur di belakang, maka ada juga 3 gelandang defensif yang sempurna sejajar kanan dan kiri, tengah, serta 2 gelandang dan 1 pemain tengah sebagai penyerang. Ada juga penyerang dengan posisi di depan dan perannya sebagai target gol.

9. Formasi 3-5-2

Formasi 3-5-2
Ilustrasi : Formasi 3-5-2

Formasi Sepakbola format ini sering digunakan oleh pelatih dan diterapkan kepada pemain. Penggunaan Formasi ini adalah untuk menempatkan 3 bek, 5 pemain sebagai gelandang dan 2 orang yang menjadi penyerang. Ketiga bek, serta kelima gelandang di tengah, sejajar satu sama lain.

Fokusnya adalah pada lima gelandang di mana gelandang berfungsi sebagai bek murni. Formasi ini adalah salah satu favorit karena penggunaan 3 bek. Jika salah satu dari 5 gelandang adalah bek tambahan, maka 4 pemain bermain sebagai gelandang menyerang.

10. Formasi 3-4-3

Formasi 3-4-3
Ilustrasi : Formasi 3-4-3

Ini adalah formasi sepak bola yang sangat populer dan juga mengandung favorit, karena biasanya digunakan oleh pelatih, yaitu 3-4-3, di mana ada 3 bek, 4 pemain sebagai gelandang dan 3 pemain sebagai penyerang. Gelandang kanan dan kiri (2 pemain) biasanya bertugas dua kali lipat sebagai bek luar.

Bek sayap adalah di posisi di mana 2 gelandang maju dan berperan secara otomatis menjadi salah satu yang bertahan dan sesuai dengan kondisi jika diperlukan. Ada juga 2 gelandang yang posisinya berada di tengah, dan playmaker adalah peran gelandang yang dibintangi.

Mungkin hanya itu penjelasan kami mengenai macam macam formasi sepak bola yang populer didunia dan gambar formasinya, sebenarnya masih ada banyak lagi formasi sepak bola yang lain namun kami hanya melansir formasi sepak bola yang populer di dunia saja. Semoga bermanfaat

Kesimpulan...

Oiya, jika dirasa tulisan diatas bermanfaat, jangan lupa bagikan dan share ke sosial media supaya di baca banyak orang dan tentu kalian akan mendapatkan pahala.

Dan berikut ini beberapa pencarian yang masuk pada artikel ini, diantaranya : formasi sepak bola, dan lain lain. Terimakasih banyak Formasi sepak bola 8 1 1, dan lain lain. Terimakasih banyak
Rating Artikel
Review Date
Reviewed Item
10 Macam Macam Formasi dalam Permainan Sepak Bola
Author Rating
51star1star1star1star1star

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *