5 Macam Macam Jerawat dan Cara Menghilangkannya

Topik kali ini adalah tentang macam macam jerawat dan cara menghilangkannya. Masalah Jerawat merupakan masalah kulit yang tidak asing lagi di telinga kita, selain kurangnya menjaga kebersihan wajah, juga Jerawat kerap kali menggangu penampilan kalian untuk tetap cantik atau tampan di tempat umum.

Meskipun sudah diobat dengan berbagai macam cara namun masalah jerawat juga tidak segera sirna. Secara umum memang jerawat dapat disebabkan karena beberapa faktor, selain karena kurangnya menjaga kebersihan, terlalu banyak makan makanan yang berlemak juga jerawat umumnya disebabkan karena perubahan hormon yang terjadi di kalangan remaja.

Menurut para ahli dan dokter kulit menyebutkan bahwa ada banyak sekali jenis dan macam-macam jerawat yang sering muncul di wajah kalian, jenis jerawat ini diklasifikan menurut tampilan jerawat, ukuran dan juga penyebab terjadinya jerawat tersebut, nah untuk lebih jelasnya berikut macam macam jerawat yang dilansir dari situs kesehatan.

Baca juga : Cara menghilangkan bekas jerawat

Macam Macam Jerawat

1. Jerawat Biasa

Jerawat Biasa
Ilustrasi : Jerawat Biasa

Jerawat biasa merupakan salah satu jenis jerawat yang banyak dialami oleh banyak orang terutama anak-anak remaja. Menurut para ahli kulit menyebutkan biasanya jerawat ini disebabkan karena penyumbatan pori-pori atau akibat bakteri porpionibacterium acne.

Bakteri ini tumbuh di kelenjar minyak bawah kulit serta diakibatkan karena meningkatnya hormon testosteron, nah hal inilah yang menyebabkan jerawat biasa ini tumbuh subur di wajah kalian.

2. Jerawat Batu

Jerawat Batu
Ilustrasi : Jerawat Batu

Ukurannya yang besar dan berwarna hitam kemerahan merupakan ciri khas yang dimiliki oleh jerawat batu ini, biasanya Jerawat batu ini biasanya timbul karena produksi minyak berlebih pada wajah, pengikisan sel-sel kulit atau bisa juga karena pertumbuhan sel abnormal pada kulit wajah.

Adapun cara mengatasi jerawat batu ini ialah dengan rajin membersihkan wajah kalian dengan daun jambu biji sebelum tidur dan sesudah bangun dari tidur, pengunaan yang rutin dapat secara efektif menyingkirkan masalah jerawat batu ini.

3. Jerawat Vulgaris

Jerawat Vulgaris
Ilustrasi : Jerawat Vulgaris

Umumnya jerawat vulgaris ini sering kali dialami oleh remaja yang jarang membersihkan wajah, karena kurangnya menjaga kebersihan wajah maka wajah akan menumpuk sel kulit mati dan juga bakteri, selain itu juga produksi minyak berlebih dapat membuat jerawat vulgaris ini sering kali muncul, adapun cara mengatasinya ialah dengan rajin membersihkan wajah dan kurangi begadang.

4. Jerawat Juvenil

Jerawat Juvenil
Ilustrasi : Jerawat Juvenil

Meningkatnya hormon testosteron pada remaja serta perubahan emosi yang bergolak dalam pikiran anak-anak muda dapat membuat wajah terkena jerawat juventil, adapun Ciri dari jerawat juventil ini ialah warnanya yang tidak begitu kemerahan dan ukurannya pun tidak begitu besar.

Selain itu juga jerawat juventil ini sering terasa gatal, umumnya jerawat juventil ini menyerang remaja yang berusia 18 sampai 22 tahun. Adapun cara mengatasinya ialah dengan menggunakan krim anti jerawat dan juga rajin membersihkan wajah sebelum tidur

5. Jerawat Rosacea

Jerawat Rosacea
Ilustrasi : Jerawat Rosacea

Jenis jerawat yang terakhir adalah jerawat rocasea, umumnya jerawat ini menyerang wanita dan pria yang memasuki usia kepala tiga, adapun Ciri dari jerawat rocasea adalah warnanya yang begitu merah, namun memiliki ukuran yang tidak begitu besar.

Selain itu juga Jerawat rocasea ini merupakan jenis jerawat yang dapat menyebabkan peradangan pada kulit wajah kalian, sedangkan cara mengatasinya ialah dengan makan-makanan yang mengandung banyak sayuran, menggunakan krim anti jerawat dan juga rajin memberishkan kulit wajah secara teratur.

Jangan Lewatkan : Cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat dalam 1 hari

Cara Menghilangkan Jerawat

1. Menggunakan Madu

Madu
Ilustrasi : Madu

Madu asli telah lama dikenal sebagai bahan yang berguna bagi kesehatan dan kecantikan. Caranya adalah dengan menerapkan khasiat madu dengan mengoleskannya ke wajah kalian, kemudian biarkan selama sekitar 15 menit dan kemudian bilas dengan air jernih. Lakukan ini setiap hati

2. Menggunakan Mentimun

Mentimun
Ilustrasi : Mentimun

Mentimun memiliki jumlah air yang dapat membantu memperlancar saluran pada pori-pori wajah. Caranya adalah dengan mengiris beberapa potong mentimun dan menempelkannya di wajah kalian yang jerawat. Lakukan ini selama seminggu.

3. Menggunakan Jeruk Nipis

Jeruk Nipis
Ilustrasi : Jeruk Nipis

Buah yang satu ini dapat mengurangi kelebihan minyak pada wajah. Jeruk nipis dapat digunakan untuk mengatasi masalah jerawat dengan menggosokkan setiap hari air jeruk nipis di wajah kalian sebelum kalian ingin tidur.

4. Membersihkan Wajah Rutin

Membersihkan Wajah
Ilustrasi : Membersihkan Wajah

Selain menggunakan bahan alami, prinsip dasar yang perlu kalian Terapkan untuk menghilangkan jerawat adalah untuk rutin membersihkan wajah kalian. Jika kalian membersihkan wajah kalian secara teratur, lalu menghindari kotoran yang terakumulasi di wajah kalian. Maka dapat dipastikan jerawat akan enyah dari wajah kalian.

5. Melakukan Perawatan Wajah

Perawatan Wajah
Ilustrasi : Perawatan Wajah

Selain menggunakan bahan alami, tidak ada salahnya jika kalian mencoba untuk melakukan Facial di klinik dermatologis atau kecantikan. Karena untuk mendapatkan wajah yang bersih, kalian dapat menggunakan bahan yang tidak hanya alami, tetapi kadang alat tertentu yang dapat kalian gunakan untuk mengoptimalkan wajah kalian.

Itulah yang bisa kami sampaikan terkait dengan macam macam jerawat dan bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat tersebut. Tentu jika kalian menerapkan cara diatas akan memakan waktu hingga 1 hingga 3 bulan untuk hasil maksimal. Terimakasih

Rating Artikel
Review Date
Reviewed Item
5 Macam Macam Jerawat dan Cara Menghilangkannya
Author Rating
51star1star1star1star1star

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *