Makanan Khas Jepara
Makanan Khas Jepara

√ Rekomendasi 13+ Makanan Khas yang Terkenal di Jepara (2020)

Makanan Khas Jepara – Jepara merupakan sebuah kota yang terkenal akan seni ukirnya. Kota yang dijuluki kota ukir ini juga terkenal dengan berbagai keindahan wisatanya, Tradisi yang masih sangat melekat di masyarakat serta kehidupan warganya yang ramah tamah.

Bagi kalian yang berkunjung ke Jepara untuk jalan jalan. Tak ada salahnya untuk mengisi perut anda dengan sajian kuliner yang khas dan lezat ala Jepara, Kalian pasti pensaran bukan berikut adalah makanan makanan khas yang terkenal di Jepara.

Makanan Khas Jepara yang Perlu diketahui

1. Horok – Horok

Horok – Horok
Horok – Horok

Horok –Horok merupakan makanan khas asli kota Jepara, Kalian tak akan menemukan makanan ini ditempat lain. Horok – Horok merupakan makanan khas Jepara yang terbut dari tepung pohon aren. Horok – horok sering dimakan bersama sate kikil, Bakso, soto, Gula dan sayur pecel.

Selain itu juga bisa dimakan dengan santan dengan tambahan sedikit gula seperti bubur. Masyarakat Jepara sendiri biasa menjadikan horok horok sebagai makanan pengganti nasi. Nah bagi sobat yang sedang berlibur ke Jepara jangan lupa untuk memncicipi makanan ini karena sangat sulit ditemukan ditempat lain.

Kalian tak perlu khawatir soal harga karena sangat murah dan terjangkau, kalian hanya perlu merogok kocek Rp 1000- 2000 saja, gimana tertarik bukan ? Dengan rasa yang enak dan harga yang sangat murah.

2. Pindang Srani

Pindang Srani
Pindang Srani

Jepara merupakan sebuah kota yang sebagian besar didominasi oleh pesisir, sehingga tak heran memiliki ikan – ikan yang masih segar untuk diolah, salah satu olahan khas Jepara adalah Pindang Srani. Nah Meskipun namanya adalah pindang srani, Makanan ini tidak dibuat menggunakan ikan pindang loh guys.

Ikan yang digunakan adalah ikan Bandeng. Cara memasaknya adalah dengan cara direbus. Rasa yang dihasilkan dari pndang srani adalah manis, pedas, dan asam. Wah sangat cocok untuk memanjakan lidah kalian. Makanan ini biasanya disjaikan pada siang hari.

3. Blenyik

Blenyik
Blenyik

Blenyik atau ada juga yang menyebutnya dengan nama tempong. Blenyik adalah ikan teri mentah yang digarami dan dibentuk kepalan kecil kecil kemudian dijemur untuk dikeringkan. Salah satu tujuan dari dibuatnya blenyik adalah agar supaya tahan lama sebagai simpanan lauk dimusim hujan.

Tempat pengahasil blenyik terbesar adalah didesa Karangaji. Setelah menjadi Bleyik biasanya diolah kembali dengan cara digoreng atau dikukus untuk dikonsumsi.

4. Lontong Krubyuk

Lontong Krubyuk
Lontong Krubyuk

Makanan khas Jepara selanjutnya adalah Lontong Krubyuk, Mengapa lontong ini dinamakan lontong Krubyuk, karena lontong khas Jepara ini disajikan dengan banyk kuah yang membedaknnya adalah lontong yang pada umumnya terdapat suwiran daging ayam semur ini menggunkan kuah bakso. Krubyuk sendiri memiliki makna melewati genangan air.

5. Bongko Mento

Bongko Mento
Bongko Mento

Bongko mento biasanya sering dijadikan sebagai snack arisan atau acara hajatan di rumah, Bahan yang digunakan yaitu tepung terigu, telur, dada ayam filet, jamur kuping, bihun, santan dan bumbu bumbu lainnya. Bahan –bahan terseut diolah lalu dibungus dengan daun pisang, dan dikukus selama 30 menit.

6. Rondo Royal

Rondo Royal
Rondo Royal

Rondo royal atau yang lebih sering dikenal dengan nama monyos bagi masyarakat Jepara. Rondo Royal merupakan jajanan tradisional khas Jepara yang terbuat dari tepung beras. Yang diisi drngan tape, dimana cara memasaknya adalah dengan cara digoreng. Rondo Royal paling nkmat dikonsumsi saat keadaan masih hangat.

Rondo Royal memilki cita rasa yang unik yaitu manis, asam, dan asin yang berxcampur jadi satu. Kalian tidak perlu khawatir mencari makanan ini. Karena kalian dapat menemukan jajanan ini dipasar – pasar tardisional yang ada di Jepara.

7. Bontosan

Bontosan
Bontosan

Bontosan merupakan makanan khas Jepara yang biasa digunakan sebagai bahan baku pembuatan krupuk kerapu. Caranya cukup mudah yaitu ikan kerapu dihaluskan terlebih dahulu kemudian dicampur dengan tepung beras dan dibuat memanang seperti lontong.

Adonan yang sudah membentuk tersebut dibungkus menggunakan daun pisang kemudian dikukus. Bontosan paling enak dimakanan bersama sambal. Makanan ini juga bisa disajikan dengan cara digoreng terlebih dahulu.

8. Adon – Adon Coro

Adon – Adon Coro
Adon – Adon Coro

Kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan adon adon coro. Dikalangan masyarakat Jepara jajanan ini dikenal sebagai jamu adon adon yang memilki rasa pedas seperti wedang jahe sehingga cocok untuk menghangatkan badan.

Adon adon coro dibuat dengaan pandan, merica bubuk, cengkeh, lengkuas, kayu manis, yang disiram dengan santan, jahe gula merah dan air. Makanan ini bisa kalian beli di Shopping Centre Jepara.

9. Kuluban

Kuluban
Kuluban

Kuluban atau yang sering disebut dengan saladnya orang Jepara. Kuluban berisi berbagai sayuran seperti kacang tanah, tauge, petai, nangka muda dan kacang panjang. Kemudian dari sayur sayuran tadi diberi bumbu kelapa.

Kuluban biasanya juuga disebut dengan urap oleh kebanyakan orang, namun ada hal yang membedakan kuluban dengan urap terdapat nangka muda dan tauge mentah.

10. Moto Belong

Moto Belong
Moto Belong

Makanan khas Jepara selanjutnya adalah mata belong, mungkin terdengar asing dan juga aneh. Makanan ini dinamai moto belong karena bentuk makanan ini seakan memperlihatkan mata yang melotot. Moto belong merupakan makanan khas asli Jepara yang bisa kalian temukan disetiap pasar tradisional sepanjang Jepara.

Cara membuatnya terbuat dari bahan bahan yaitu singkong, gula pasir, garam, vanili, pisang tanduk, kelapa muda dan pewarna makanan yang kemudian dibungkus dengan adonan.

11. Singit

Singit
Singit

Terdengar asing memang bagi para orang awam. Singit sendiri memilki cita rasa yang unik yaitu perpaduan rasa manis dan gurih. Kalian bisa menemukan makanan ini pada saat hari raya idul fitri atau perayaan hari besar lainnya yang diadakan di Jepara.

Singit terbuat dari daging sapi sangke, santan kelapa, kecap manis dan berbagai bumbu lainnya dengan dimasak diatas api yang panasnya sedang. Makanan ini termasuk makanan yang enak dan lezat terutama kuah santannya yang kental cocok disajikan bersama nasi dan sambal.

12. Bakso Ikan Ekor Kuning

Bakso Ikan Ekor Kuning
Bakso Ikan Ekor Kuning

Saat berlibur ke Jepara jangan lupa berkunjung ke karimunjawa karena tempat ini sangat istimewa untuk menjadi tempat liburan anda. Karimunjawa memiliki maknan khas berupa bakso yang berbahan dasar ikan ekor kuning asli dari perairan setempat kemudian dikenal sebagai bakso ikan ekor kuning.

Hal yang membedakan adalah rasnya. Dimana rasa bakso ini terasa kenyal, gurih, biasanya disajikan dengan campuran mie kuning, bihun sayuran dan kuah yang lezat.

13. Opor Panggang

Opor Panggang
Opor Panggang

Opor biasanya banyak disajikan ditiap rumahan, namun opor khas Jepara ini berbeda dengan opor biasa, opor ini disebut dengan opor panggang karena dalam proses pembuatannya dilakukan pemanggangan dahulu sebelum dimasak menjadi opor.

Bahan yang digunakan adaah daging kampong, daun jeruk, daun salam, bawang merah goreng, santan dan daun serai yang sudah digeprek sehingga sangat cocok untuk kalin cicipi jika ke Jepara. Dijamin gak bakal nyesel deh. Dengan harga yang pas dikantong dan citarasa yang luar biasa.

Mungkin itulah yang bisa kami sampaikan terkait dengan makanan khas jepara yang bisa jadi referensi kalian tuk menikmatinya. Oiya kalian juga bisa baca mengenai oleh-oleh khas jepara. Semoga bermanfaat.

 

Review Artikel

Rating

Rating Artikel

User Rating: Be the first one !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.