Cara Mendapatkan Uang Dari Menulis Cerpen
Cara Mendapatkan Uang Dari Menulis Cerpen

√ 6+ Cara Mendapatkan Uang Dari Menulis Cerpen Terbaru 2020

Cara Mendapatkan Uang Dari Menulis Cerpen – Apa yang terlintas dibenak ketika mendengar cerpen ? ya cerpen atau cerita pendek adalah sebuah karya tulis yang bisa dibaca dalam sekali duduk dan memuat halaman yang lebih singkat dibanding dengan movel, resensi dan karya tulis lainnya.

Tentunya banyak dari kalian yang hobi menulis cerpen atau sekedar pembacanya. Bagi mereka yang gemar dan memyukai dunia tulis menulis membuat cerpen atau cerita pendek adalah hal yang sangat menyenangkan.

Menciptakan sebuah rasa yang dituangkan kedalam sajak sajak yang indah, tentunya menyenangkan bukan ? Namun sayangnya banyak penulis cerpen yang menjadikan aktivitas menulisnya hanya sebagai hobi semata.

Banyak dari mereka yang masi tidak tau bahwa menulis cerpen bisa mendatangkan keuntungan Nah, kalian pasti bingung dong bagaimana ceritanya hobi menulis cerpen bisa memberi pengasilan serta keuntungan?

Caranya adalah dengan mengirimkan karya kalian ke sejumlah redaksi koran atu website yang menerima cerpen kalian. Nah untuk fee yang diberikan ternyata bisa mencapai ratusan ribu rupiah serta masih banyak keuntungan lainnya.

Selain itu, karya kalian bakal dibaca dan bisa jadi disukai oleh banyak orang. Nah kalian bisa simak beberapa cara agar bisa mendapatkan pengasilan lewat menulis cerpen ? Pastinya kalian mau dong ?

Cara Mendapatkan Uang Dari Menulis Cerpen dengan Mudah

1. Jawa Pos

Mungkin bagi kalian sudah tidak asing lagi dengan Kata Jawa Pos. Jawa Pos sendiri meruapkan salah satu redaksi yang namanya cukup populer ditelinga masyarakat Indonesia.

Selain memuat berita serta gosip tentang artis. Pada alaman koran jawa Pos jhuga sering menampilkan cerpen dengan kualitas yanhg berbobot.

Bukan hanya Cerpen saja, kalian juga bisah mengirimkan resensi buku ataupun puisi. Nah Fee yang bisa kalian dapatkan ketika berhasil mengirimkan cerpen kalian akan mendapatkan fee sebsar Rp. 925.000-Rp.1000.000, wah cukup lumayan bukan ?

Sedangkan untuk puisi dihargai sebesar Rp 725.000 dan resensi buku sebesar Rp.700.000. Biasanya honor akan ditransfer ke rekening penulis setelah 14 hari setela cerita dimuat dikoran.

Buat kalian yang berminat bisa langsung kirim karyamu ke alamat email editor@jawapos.co.id Atau ariemetro@yahoo.com atau ari@jawapos.co.id

Kunjungi Situs Jawa Pos

2. Kompas

Siapa yang tidak kenal dengan situs kompas ini. Ternyta kompas juga memebrikan bayaran untuk penulis cerpen. Koranini juga menerima tulisan atau hasil karya dalam bentuk puisi atau dongeng. Pasalnya untuk honor yang dijanjikan cukup besar.

Fee atau bayaran untuk penulis cerpen sebesar Rp. 1.400.000, untuk puisi Rph. 550.000, sedangkan untuk dhonhgeng dihbayar sebesar Rp.150.000, biasanya untuk pembayaran diberikan pada pertengahan bulan.

Bagi kalian yang berminat bisa langsung saja kirim lamaran ke alamat email opini@kompas.com, sedangkan untuk dongeng dikirim ke nusantarabertutur@gmail.com

Kunjungi Situs Kompas

3. Basabasi.co

Lapak selanjutnya yang bisa kalian jadikan tempat buat nertibitin cerpen kamu adalah basabasi.co. Dalam situs ini kalian bukan anya bisa mengirim cerpen saja, namun kalian juga buat puisi, esai, review film ataupun artikel.

Apabila tulisanmu dinilai sudah sesuai kriteria maka kamu berkesempatan memperoleh bayaran dari tim basabasi.co. Untuk besarnya fee sendiri bergantung pada jenis tulisan.

Kalau cerpen dan esai dibayar Rp.300.000, puisi sebesar Rp 250.000 dan artikel Rp.100.000

Jika kalian tertarik kalian bisa langsung saja mengirimkan hasil karya kalian ke email gerobaknaskah@basabasi.co Nantinya kalian bakal dikonfirmasi ulang jika karya kalian diterima.

Kunjungi Situs Basa Basi

4. Tempo

Selain itu juga ada tempo. Tempo merupakan sala satu media yang populer serta fenomenal di Indoensia. Untuk redaksis Tempo biasanya cerpen diberikan harga sebesar Rp. 750.000,.

Sedangkan untuk honor puisi senilai Rp.600.000 selain itu tempo juga menerima resensi buku dan dihargai sebesar Rp.700.000. Bila kalian berminat , anda bisa langsung mengirim ke email sastra@tempo.co.id

Kunjungi Situs Tempo

5. Media Indonesia

Redaksi lain yang juga menerima naska cerpen dan puisi adalah Media Indonesia.Untuk menulis disini, syarat cerpen arus original dan memuat minimal 9000 karakter, ingat ya karakter.

Tenang sobat bukan kata kok, honor yang diberikan untuk penulisan cerpen adalah sebesar Rp. 705.000 sedangkan untuk puisi bisa dibayar sebesar Rp. 625.000

Bagi kalian berminat silakan kirimkan naskah cerpen ke email cerpenmini@mediaindonesia.com Sedangkan untuk puisi bisa dikirim ke puisi@mediaindonesia.com

Kunjungi Situs Media Indonesia

6. Tempo

Nah situs terakhir yaitu media Tempo. Tempo senidiri merupakan salah satu media yang terkenal dan fenomenal di Indonesia.

Redaksi Tempo memberikan Fee untuk Cerpen sebesar Rp. 750.000, Sedangkan untuk honor puisi tempo memberikan harga sebesar Rp. 750.000, sedangan untuk honor Puisi Rp. 600.000, selain itu Tempo juga resensi buku yang dihargai sebesar Rp 700.000

Jika kalian tertarik atau berminat kalian bisa kirim email ke sastra@tempo.co.id

Kunjungi Situs Tempo

Penutup

Sebenarnya masih banyak redaksi lain yang menerima naskah cerpen,misalnya saja suara merdeka, pikiran Rakyat, Tribun Jabar, Radar Surabaya dan sebagainya. Anda juga bisa meliat alamat email redaksi-redaksi tersebut di situs resmi mereka.

Mungkin itulah yang bisa kami sampaikan terkait dengan cara dibayar dengan menulis cerpen terbaru 2020. Baca juga : trik mendapatkan uang dari internet. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk kalian semua.

Review Artikel

Rating

Rating Artikel

User Rating: 4.35 ( 1 votes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.