Murah Senyum Menurut Islam
Murah Senyum Menurut Islam

√ Murah Senyum Menurut Islam, Manfaat, dan Haditsnya (Lengkap)

Murah Senyum Menurut Islam – Senyum adalah suatu ibadah yang memiliki manfaat yang berlimpah tetapu sekarang ini banyak orang yang tidak mempedulikannya. Padahal islam melihat sisi senyum adalah bagian dari sedekah dan pastinya memiliki sisi positif yang banyak.

Senyum sendiri adalah cara efektif agar bisa memberikan kebahagiaan kepada orang lain, selain itu senyum juga memiliki banyak manfaat yang berguna bagi kesehatan. Dari hasil studi yang dilakukan oleh para peneliti di Yale Scientific menghasilkan fakta bahwa senyum tersebut memiliki dampak yang baik dari sisi fisik seseorang.

Hadits Senyum dalam Islam

Baginda Rasulullah Saw bersabda:

Hadits Tentang Senyum
إِنَّكُمْ لَا تَسَعُوْنَ النَّاسَ بِأَمْوَالِكُمْ فَلْيَسَعْهُمْ مِنْكُمْ بَسْطُ الْوَجْهِ وَحُسْنِ الْخُلُقِ. رواه الترمذي
“Sesungguhnya kalian tidak akan bisa menarik hati manusia dengan harta kalian, maka tariklah hati mereka dengan wajah berseri dan akhlak mulia” (HR. Tirmidzi)

Ada banyak faedah yang bisa diambil dari perintah untuk selalu tersenyum seperti pada hadits Nabi diatas. Karena dengan senyum dapat menjadikan seseorang bahagia, dan bahkan kebanyakan orang yang sulit untuk tersenyum itu maka akan menjadikannya bisa sakit jiwa.

Baca Juga :  √ 6+ Macam Macam Zakat Dalam Islam dan Penjelasannya

Jadi obat mujarab agar bisa dengan cepat menghilangkan kesedihan adalah dengan senyuman. Dengan senyuman itulah jiwa yang sebelumnya terasa rapuh akan berubah menjadi bahagia. Sebaliknya jika sukar untuk tersenyum maka itu akan menjadi racun yang sangat berbahaya bagi tubuh

Nabi Muhammad Suka Tersenyum

Sebagai seorang muslim sudah sepantasnya kita mengikuti apa yang telah diajarkan Nabi Muhammad, termasuk dalam kaitannya dengan untuk selalu tersenyum dan memiliki sikap ramah tamah.

Juga dalam salah satu hadits yang telah diriwayatkan oleh imam Tirmidzi yang menyebutkan bahwa Nabi Muhammad adalah seorang nabi yang paling sering tersenyum ketika berada di antara sahabat, senyum beliau bahkan sampai terlihat sedikit gigi gerahamnya.

Manfaat Senyum Menurut Psikologi

Dalam sebuah filosofi ada yang mengatakan bahwa senyum tidak lebih berharga dari sebuah hadiah, atau perhiasan yang dipakai wanita. Karena senyum sendiri bisa menjadikan seseorang menjadi lebih baik, terlebih bagi yang merasa berat akan menjadi ringan.

Nah berikut ini beberapa manfaat senyum yang diambil dari sudut psikologi, silahkan disimak :

  • Tersenyum bisa menjadi obat pereda rasa nyeri dan mengendalikan suasana hati
  • Tersenyum bisa mengendalikan tekanan darah yang sebelumnya naik menjadi turun.
  • Tersenyum dapat membuat kulit wajah menjadi lebih muda.
  • Tersenyum dapat memproduksi sel dan antibodi yang sangat berguna bagi kekebala tubuh dalam melawan infeksi.
  • Tersenyum bisa memperbaiki fungsi aliran darah sehingga bisa membuat jantung lebih sehat.
  • Tersenyum bisa membuat aliran oksigen yang ada di paru-paru menjadi lancar sehingga bisa membuat jantung menjadi sehat.
  • Tersenyum bisa menjadikan tubuh melepaskan hormon endorfin dan serotonin yang menjadikan suasana hati tidak baik.

Mungkin itulah yang bisa kami tuliskan mengenai manfaat senyum menurut islam yang akan sangat berguna jika diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, oiya kalian juga bisa baca Muhidin Farid “Murah Senyum” Independen Asli Dukungan Rakyat. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Review Artikel

Rating

Rating Artikel

User Rating: Be the first one !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.