Oleh Oleh Khas Jepara
Oleh Oleh Khas Jepara

√ 11+ Oleh-Oleh Khas Jepara yang Sayang Jika Dilewatkan, Lengkap!

Oleh-Oleh Khas Jepara – Kalian pasti mengenal jepara sebagai kota ukir yang terkenal dengan seni ukirnya. Selain itu juga dikenal dengan obyek wistanya yang mempesona. Pasti kalian gak bakal rugi kalau berkunjung ke Jepara. Selain itu ketika menyebut kata Jepara pasti hal yang terbesit pertama kali adalah budaya dan kerajinan seni ukirnya.

Namun tak banyak orang yang tahu, bahwa jepara memiliki potensi yang lebih dari itu. Lokasinya yang eksotis, serta letaknya yang dikelilingi lautan menjadikan jepara sebagai salah satu detinasi wiasta yang disukai oleh wisatawan.

Bagi kalian tak perlu khawatir ketika berkunjung ke jepara, karena kalian bisa membawa oleh oleh khas jepara untuk kerabat, teman atau keluarga. Juga bagi pecinta fashion jangan lewatkan berbagai macam fashion pakaian dan kuliner yang enak. Berikut adalah 11 Oleh –oleh Jepara yang wajib dibeli ketika berkunjung ke Jepara.

Tenun Troso

Tenun Troso
Tenun Troso

Ketika kalian berkunjung ke Jepara, oleh –oleh menarik yang bisa kalian bawa pulang adalah kain tenun khas Jepara, yaitu tenun troso. Kalian jangan lupa mampir kedaerah yang satu ini ya. Ketika kalian mampir ke desa Troso yang berada di Kecamatan pecangaan ini, kalian akan bertemu banyak perngrajin kain tenun khas jepara.

Cara pembuatannya pun cukup unik dan menarik, yaitu dengan penggunan teknik tenun gedok yang kemudian berhasil berkembang menjadi teknik spesial yang disebut dengan “ ngetengplangkan’. Kain ini memiliki ciri khas yang begitu kental, cara pembuatannya pun sulit, namun menghasilkan suatu karya seni yang indah, selain itu kain ini juga memiliki citarasa seni yang tinggi.

Ketika mampir di desa Troso, kalian bisa mendapatkan sejumlah jenis kain tenun troso dengan harga mulai dari Rp 135.000 sampai dengan Rp 500.000. Ada jenis kaiin tenun yang berbahan katun dan sutra. Dimana memiliki kisran yang cukup tinggi yaitu mulai dari Rp. 500.000 sampai Rp 3.000.000 an

Ukiran Kayu

Ukiran Kayu
Ukiran Kayu

Yah, memang tidak diragukan lagi akan kerajinan ukir yang dihasilkan oleh para pembuat ukir di Jepara, ini tidak lain karena mayoritas masyarakatnya menggeluti bidang yang satu ini. Hampir disetiap desa pasti ada pengrajin ukirnya, terlebih di Langon, Menganti, Tahunan, Ngabul dan Bawu.

Untuk target produk yang dijualpun tidak hanya di negara sendiri, bahkan ada yang sudah ekspor ke luar Negeri. Hebat bukan, produk Jepara sudah di percaya di pasar Internasional akan kualitas yang tiada bandingan.

Untuk kalian yang berminat dengan produk ukiran jepara, maka kalian bisa melihat-lihat disekitaran jalan di Jepara. Disitu kalian akan menemukan berbagai corak ukiran dalam produk yang sudah jadi, silahkan kunjungi salah satu pengrajinnya.

Kerajinan Kerang

Kerajinan Kerang
Kerajinan Kerang

Disisi lain dari banyaknya produk ukir di Jepara, memiliki produk unggulan lain. Yakni aneka Kerajinan kerang, karena tidak lain Jepara ini disetiap sudut desa dikelilingi oleh Laut. Jadi banyak masyarakat yang kreatif dengan membuat aneka kerajinan kerang ini.

Bentuk dari kerajinan inipun sangat bervariatif, seperti hiasan dinding, kalung, asbak, gelang, piring, dll. Untuk tempat pembelian oleh oleh aneka kerang ini kalian bisa kunjungi Pantai Kartini, disana banyak sekali menjual aneka kerajinan ini.

Durian Petruk

Durian Petruk
Durian Petruk

Ketika kalian ke Jepara jangan lewatkan untuk menikmati Durian Petruk khas jepara. Ada salah satu kalianlan durian khas jepara yaitu Durian Petruk. Durian petruk merupakan jenis durian unggul yang rasanya super lezat, manis dan nikmat dengan tekstur daging durian yang tebal dan lembut.

Sampai sampai durian ini dinobatkan sebagai salah satu durian unggulan Indonesia. Kalian pasti penasaran kenapa durian ini dijuluki dengan durian petruk ? Asal usul Durian Petruk adalah salah satu warga yang menemukan durian ini bernama Pak Petruk.

Sejak saat itulah Durian ini dinamakan dengan Durian Petruk. Jangan lupa ya kalian harus datang di musim durian untuk menikmati wisata kuliner ini. kalian bisa menemukan sejumlah desa penghasl durian ini, yaitu Kecamatan Tahunan, Batealit, dan daerah sekitarnya.

Carang Madu

Carang Madu
Carang Madu

Oleh – oleh khas jepara selanjutnya adalah Carang Madu. Bentuknya seperti Carang Madu. Bentuknya yang tidak beraturan yang hampir mirip dengan ranting, namun makanan yang terbuat dari santan, tepung beras dan gula ini sudah sangat langka dan sulit untuk diketemukan.

Jangan Khawatir, untuk membelinya kalian bisa membelinya dipasar Welahan, Pusat oleh –oleh jepara, selain itu kalian juga bisa menemukan makanan ini di Kudus. Harganya yaitu mulai Rp 20.000 sampai Rp. 27.000 perkemasan dengan isi 10 Buah, Sedangkan untuk satuan bisa dibandrol dari harga 1000 sampai 2000 saja.

Kacang Listrik

Kacang Listrik
Kacang Listrik

Memang agak aneh kedengarannya bukan ? Mungkin kalian bertanya tanya seperti apa kacang listrik? Eiits jangan salah dulu yang dimaksud disini adalah kacang Oven, alias kacang yang dipanggang. Makanan ini merupakan salah satu makanan unik khas jepara.

Dari beberapa pernyataan, ada yang menyatakan awalnya penjual pertama kacang listrik berjualan didekat tiang listrik. Itulah mengapa kacang ini dinamakan dengan kacang listrik. Namun ada juga yang bilang kacang ini dipanggang dioven dengan menggunakan listrik.

Bagaimanapun sebabnya, yang terpenting adalah rasanya yang gurih dan enak, yang membuat kalian ingin makan lagi dan lagi. Kalian tak peru khawatir karena harganya cukup terjangkau dan kalian bisa membelinya di Pusat Oleh –Oleh Kacang khas jepara, di Jalan Raya Jepara- Kudus KM.

Kerajinan Monel

Kerajinan Monel
Kerajinan Monel

Monel sudah lama dijadikan sebagai aksesoris di Jepara. Bahkan kerajinan monel ini sudah dimulai ketika Jepara masih merupakan kerajaan Kalinyamat. Oleh karena itu, kerajinan monel ini juga disebut juga kerajinan monel Kalinyamatan.

Monel dijepara sendiri dibuat menjadi aneka perhiasan seperti cincin, anting, gelang, kalung dan sebaginya. Harga juga cukup terjangkau mu;ai Rp. 12.500 saja perperhiasan ukuran kecil. Namun juga ada harga yang cukup mahal karena dimodifikasi dengan bahan lain seperti berlian sintetis, kristal dan bahan lainnya.

Dimana harganya bisa mencapai Rp. 200.000 an. Untuk tempatnya sendiri kalian bisa mengunjungi daerah Kriyan, dan menemukan banyak toko yang menjual perhiasan monel Kalinyamatan ini.

Kerupuk Bawang

Kerupuk Bawang
Kerupuk Bawang

Ada lagi oleh –oleh khas jepara, Yaitu keripik bawang dari jepara yang terkenal dengan rasanya yang unik dan berbeda di daerah lain. Bahan –bahan yang digunakan berkualitas tinggi, dimana pembuatnya adalah orang yang terampil dan professional. Kalian bisa memblinya di Shopping Centre Jepara.

Di tempat ini, kalian bisa menemukan kerupuk bawang jepara dengan berbagai brand, dangan harga juga beravariatif. Di SCJ juga kalian bisa membeli segala macam makanan dengan harga yang relatif murah, ada olahan kerang, ada siomay, bakso, ikan bakar, dan lain sebagainya.

Kaos Qimo

Kaos Qimo
Kaos Qimo

Selain kuliner dan Kerajinanya, jepara juga dikenal dengan kaos khasnya, seperti halnya Joger Bali dan Dagadu Jogja. Diepara ada Kaos qimo. Dimana motif dan tulisannya adalah sesuatu yang berbau jepara, mulai dari Budaya, bahsa, kultur, sosial dan sebagainya.Untuk memeberi kesan Sederhana, dibuatlah bentuknya yang modis, sederhana dan tidak mencolok.

Warna warna yang digunakanpun netral. Kalian bisa menemukan berbagai jenis kaos dan pakaian dari bahan yang berkualitas. Tentunya dengan harga setiap produk akan berbeda dari bahan yang digunakan. Untuk mendapatkan Produk Qimo, kalian bisa mengunjungi outletnya di Jalan KH Moliki 02 Pengkol, Jepara.

Kebaya Kartini

Kebaya Kartini
Kebaya Kartini

Jepara dikenal dengan Batik Kartini. Batik ini merupakan Batik khas Jepara yang motifnya dulu diciptakan oleh Kartini. Dimana Kartini juga mengirimkan batik tersebut ke negeri Belanda. Jadi dari sejak dulu Batik jepara ini sudah snagat dikenal oleh belanda.

Kalian bisa menemukan batik ini diberbagai sentra kerajinan oleh –oleh di Jepara dengan berbagai harga yang beragam, tergantung bahan, motif dan juga teknik pembuatanya. Harga sendiripun tergolong murah karena di buat langsung oleh pengrajin.

Jeruk Jepara

Jeruk Jepara
Jeruk Jepara

Jeruk Jepara merupakan salah satu oleh –oleh khas Jepara yang harus di beli. Jeruk yang biasa disebut Jeruk Swng ini memiliki kelebihan, yaitu tetap bisa tumbuh meskipun ditanah berpasir dengan kadar garam yang tinggi.

Sebenarnya bentuk Buah ini Kurang Menarik, dan rasanya juga aneh. Tetapi tidak ada salahnya jika kalian mencobanya. Oiya kalian bisa mencoba sejumlah kreasi kuliner yang berbahan dasar Jeruk diberbagai pasar yang ada di Jepara, seperti pasar Jepara, pasar Karang Randu, Pasar Tahunan, dll.

Mungkin itulah yang bisa kami sampaikan terkait dengan Oleh-oleh khas jepara yang sayang sekali jika tidak dibeli. Jika ada masukan terkait dengan tulisan diatas mohon isikan anda komentar dibawah, kalian juga bisa baca Rumah Sakit Terbaik di Jepara. Semoga bermanfaat.

2 thoughts on “√ 11+ Oleh-Oleh Khas Jepara yang Sayang Jika Dilewatkan, Lengkap!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.