[PANDUAN] Cara Membuat Blog: Agar Bisa Menghasilkan Uang + Gambar

Ahsaniku – Untuk kamu yang ingin belajar tentang cara membuat blog dan ingin tahu juga cara mengembangkannya agar bisa menghasilkan uang, maka kami akan memberikan tutorialnya dengan langkah-langkah yang mudah dan cepat sehingga akan membuat waktu kamu menjadi effisien. Pada hakikatnya blog sebernanya hanyalah sebagai tempat untuk menuangkan ide dalam bentuk tulisan yang dapat dibaca oleh setiap orang.

Membuat blog juga dapat membuat orang menjadi terkenal, memiliki banyak uang, banyak teman, dan tentu banyak pengalaman-pengalaman unik yang tidak akan didapati selain di dunia maya. Jika kamu baru pertama kalinya bergelut dalam dunia blog kamu harus mempunyai strategi jitu supaya kamu cepat menjadi seperti para sesepuh blogger yang mana mereka sudah bisa dikatakan hidupnya bakal tercukupi dengan hanya mengandalkan blog saja.

Disisi lain dari yang telah menggeluti dunia perbloggeran ini ternyata banyak juga yang tidak berhasil dan akhirnya mereka pun pergi dan meninggalkan blog ini dengan perasaan yang kecewa. Hal ini akan berbeda jika kamu membuat blog ini hanya untuk sebagai cara untuk melengkapi tugas saja, dan kamu tidak ingin mengetahui banyaknya manfaat yang didapat dari blog ini.

Namun tahukah kamu dari blog saja juga bisa membuat seseorang memiliki penghasilan yang cukup, seperti pada pengalaman penulis yang alhamdulillah sampai sekarang ini masih merasakan manisnya ngeblog. Tidak hanya manis saja, namun kenyataan pahitpun pernah penulis rasakan yang membuat penulis semakin banyak pengalaman, karena pada hakikatnya semua yang didapat didunia ini tidak ada yang instan.


Situs Buat Blog Gratis

Situs Buat Blog Gratis
Ilustrasi : Situs Buat Blog Gratis
Sebenarnya jika ingin membuat blog bisa melalui beberapa situs, seperti Blogger, Mywapblog, WordPress, Blogsome, Webnode, Blogdrive, Blog, Livejurnal, Svbtle, Squarespace, Blogdetik, Kompasiana, Indonesiana, Penzu, Medium, Wix, Weebly, Tumblr. dll seperti gambar diatas. Dari ke-17 situs tersebut mempunyai cara tersendiri untuk mengelolanya, dan ada juga kelemahan dan kelebihannya.

Maka penulis merekomendasikan untuk kamu pemula dapat menggunakan fasilitas pembuatan blog gratis dari blogger, karena dalam blogger ini kamu akan dengan mudah mengoprasikannya sehingga kamu tidak akan bingung untuk memulainya. Apakah kamu sudah siap untuk membuat blog dari blogger? jika jawaban kamu ya maka ikuti tutorial ini sampai selesai, dan jika tidak silahkan tutup artikel ini dan carilah info lain yang membahas blog yang mungkin kamu sukai.

Cara Membuat Blog
Ilustrasi : Cara Membuat Blog

Panduan Membuat Blog Baru

Untuk proses pembuatan blog dari blogger ini silahkan ikuti Langkah-langkah cara membuat blog gratis terbaru dibawah ini :

1. Langkah pertama yaitu silahkan kamu klik https://www.blogger.com, lalu arahkan kursor kamu pada gambar yang warnanya merah dengan tulisan Daftar yang posisinya berada pada pojok kanan.
2. Kemudian isi nama depan dan nama belakang kamu, sandi, tahun dan tanggal lahir, nomor hp, dan setujui kebijakan google dengan cara memberikan tanda centang pada kolom yang tersedia. Jika sudah lengkap semua silahkan klik Langkah Berikutnya.

3. Untuk memverifikasi akun kamu supaya kamu dapat melanjutkan ke langkah berikutnya maka seperti gambar dibawah, yakni kamu disuruh untuk memilih proses verifikasi dengan dua opsi yaitu dengan pesan teks ataupun panggilan suara, saran kami kamu cukup memilih pesan teks saja dan silahkan klik Kirim Kode Verifikasi. Nah silahkan lihat inbox hp kamu dan silahkan masukkan kode verifikasi kedalam kolom yang tersedia.

4. Jika kamu ingin menampilkan foto pada profil blogger maka kamu dapat mengklik Tambahkan Foto Profil dan silahkan upload foto kamu, jika sudah muncul foto kamu maka silahkan saja kamu klik Langkah Berikutnya.

6. Pada gambar diatas kamu cukup klik Kembali ke Blogger untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.

7. Langkah ini kamu silahkan klik centang pada pengumunan fitur supaya blogger dapat memberikan kamu email pemberitahuan dikala ada fitur terbaru. Kemudian kamu klik Lanjutkan ke Blogger, dan kamu akan dihadapkan lagi dengan halaman seperti gambar dibawah ini.

8. Nah silahkan klik Blog Baru dalam form ciptakan blog kamu.

9. Langkah terakhir dalam pembuatan blog, silahkan isi Judul blog kamu pada kolom diatas dan isi alamat blog kamu, perlu diingat bahwa pengisian nama alamat tidak boleh menggunakan spasi, contohnya seperti pada blog ini dengan url ahsanikublog, jika sudah ada keterangan alamat tersedia pada kolom bawah alamat kamu maka blog kamu sudah siap untuk didaftarkan, dan langkah selanjutnya adalah klik Template yang sesuai dengan keinginan kamu. Kemudian langkah terakhir adalah klik Buat Blog yang ada pada kolom bawah.

10. Selamat blog kamu sudah jadi dan silahkan untuk mengoprasikannya.

Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Untuk memperoleh penghasilan dari suatu blog, kalian bisa memanfaatkan program penghasil rupiah yang paling populer di kalangan para blogger, yakni Google Adsense. Untuk menjadi publisher dari google ini tentu syarat mutlak yang harus dipenuhi yaitu mempunyai sebuah domain berbayar seperti dot com atau dot net.

Tetapi tidak membatasi jika domain blogspot juga bisa didaftarkan ke program tersebut. Namun ada perbedaan dari hasil akun yang didapat. Yakni jika mendaftar dengan domain yang sudah ber ekstensi dot com, maka akun tersebut diberi nama akun non hosted. Sedangkan akun yang didapat melalui blogger maka akun tersebut dinamai akun hosted.

Nah untuk kalian yang ingin mendaftarkan diri menjadi karyawan google, tentu kalian harus memenuhi syarat seperti dibawah ini :
  1. Mempunyai blog atau website.
  2. Menulis artikel yang memiliki jumlah lebih dari 10.
  3. Panjang artikel harus
    Advertisement
    lebih dari 500 kata.
  4. Mendesain blog agar terlihat profesional.
  5. Jangan terlalu banyak gambar dan usahakan memasukkan gambar yang original.
  6. Menambahkan halaman About Me, Disclaimer, Contact, dan Sitemap.
  7. Siap untuk didaftarkan.
Jika dirasa blog kalian sudah memenuhi syarat seperti diatas, saatnya kalian mendaftarkan diri dengan cara dibawah ini :
1. Langsung saja kunjungi link berikut.
2. Masukkan alamat situs kalian beserta dengan alamat email lalu klik Simpan dan Lanjutkan.
Daftar Adsense

3. Pilih Negara Indonesia kalian dan centang tulisan “Yes, I have read and accept the agreement” lalu klik Create Account.

Advertisement
Peraturan Google Adsense


4. Selanjutnya setting alamat pembayaran google dari nama lengkap, alamat, kode pos, nomor hp, dll.

Pembayaran Google


5. Kemudian verifikasi nomor hp yang tadi telah dimasukkan dan klik Submit.

Verifikasi Akun Adsense


6. Setelah itu hubungkan situs web blog kalian dengan adsense, caranya dengan copy kode yang ada ditengah dan masukkan kedalam blog kalian.

Akun Sudah Terdaftar


7. Selamat, semoga situs kalian disetujui dengan tanda adanya email masuk dari google yang mengatakan bahwa situs kalian disetujui.

Alhamdulillah akhirnya artikel ini telah berhasil diterbitkan, semoga artikel yang berjudul cara membuat blog ini dapat menjadikan kamu mudah dalam membuat blog yang menjadi tujuan awal kamu membaca artikel ini, penulis menyadari bahwa masih banyaknya kekurangan dalam tulisan ini, untuk itu kami memohon kritik dan saranya untuk kemajian blog ini. Terimakasih.

19 thoughts on “[PANDUAN] Cara Membuat Blog: Agar Bisa Menghasilkan Uang + Gambar

  1. Kalo dulu pas awal-awal ngeblog sangat ingin rasanya mengotak-atik blog terutama pada bagian tampilan… Tanpa memerhatikan konten, karena pada waktu itu belum tau banyak tentang menulis, blogging, SEO, dll. Namun, seiring berjalannya waktu kini fokusnya bukan lagi pada tampilah semata melainkan ke berbagai aspek, terutama kualitas konten. Terimakasih banyak artikelnya mengingatkan saya pada proses ngeblog.. Salam Blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.