Sabar Dalam Islam
Sabar Dalam Islam

√ 4+ Manfaat Sabar dalam Islam (SUSAH) tapi Besar Pahalanya!

Sabar Dalam Islam – Kita seringkali menghadapi masalah hidup, kesulitan dan ujian yang seringkali tak bisa kita hindari, bahkan tidak jarang banyak masalah datang menghampiri dan menguji kesabaran kita atau seseorang, namun dalam situasi sulit tersebut.

Anda tetap perlu melatih kesabaran dan penyebabnya. Sabar dalam islam sendiri memilki banyak manfaat dan keutamaan diantaranya :

Manfaat Sabar Dalam Islam yang Tidak Ada Batasnya

1. Allah SWT Akan selalu bersama Orang – orang yang sabar

Ketika kaum muslim menghadapi banyak ujian kemudian orang tersebut bersabar, Allah SWT akan selalu bersama mereka, sebagaimana dalam Firmannya :

“ Mintalah pertolongan dengan sabar dan mengerjakan salat, sesungguhnya Allah bersama orang –orang yang sabar (QS. Surah Al- Baqarah: 153)

Jadi ketika anda menghadapi kesulitan, asalkan anda sabar dan menjadikan Allah sebagai satu – satunya pertolongan, Allah SWT akan memberikan pertolongan dan pahala untuk kita.

Serta Allah SWT juga mencintai hamba-Nya yang sabar, seperti yang ada disurah QS. Ali Imran ayat 146 yang berbunyi

“ Dan sesungguhnya Allah mencintai orang – orang yang sabar”.

2. Pahala tak terbatas bagi orang yang sabar

Tentunya dalam kehidupan sehari – hari, manusia sering melakukan salah dan khilaf yang membuatnya menumpuk dosa – dosa. Karena itu, umat muslim perlu melakukan kebaikan agar ia bisa mendaptkan pahala.

Selain berdo’a untuk memohon agar dosa- dosanya diampuni, memupuk rasa kesabaran dalam diri adalah cara lain lainya. Ada balsan yang besar bagi orang orang yang bersabar. Yaitu pahala yang tak terhingga. Allah SWT berfirman :

“ Sesungguhnya orang – orang yang bersabar itu akan dipenuhi dengan pahala. Mereka dengan tiada hitungannnya . ( QS. Az-Zumar 10).

3. Surga bagi orang yang sabar

Selain mendapatkan pahala, orang – orang yang bersabar selama hidupnya termasuk ketika menghadapi masa – masa yang sulit, akan mendapatkan surga dialam akhirat kelak.  Hal ini disebutkan melalu firman- Nya :

“ Sesungguhnya Aku memberi balasan kepada mereka dihari ini, karena kesabaran mereka ; sesungguhnya mereka itulah orang – orang yang menang”. (QS. Al Mu’minum : 111).

Dalam hadits riwayat Bukhari juga disebutkan tentang janji surga bagi orang –orang yang bersabar ketika mengalami musibah (kehilangan).

4. Orang orang sabar adalah orang yang mulia

Orang –orang yang sabar merupakan orang mulia karena ia dapat mengambil hikmah ketika ada peristiwa tidak mengenakkan terjadi, orang – orang sabar mengambil pelajaran darinya.

Alih alih berfokus pada hal buruk, orang sabar dapat melihat hal baik yang tersembunyi dibalik peristiwa tersebut. Selain itu kesabaran merupkan sifat yang harus dimilki para pemimpin, terutama dalam soal agama.

Disebutkan diddalam QS. As – Sajdah 24

“Dan kami jadikan dianatara mereka itu pemimpin pemimpin yang memeberi petunjuk dengan perintah kami keteika mereka sabar”.

Mungkin itulah yang bisa kami sampaikan terkait dengan manfaat sabar dalam islam beserta keutamaan apa yang didapat. Oiya kalian juga bisa membaca tentang murah senyum menurut islam diartikel sebelumnya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.