Pantai Teluk Awur
Pantai Teluk Awur

√ Inilah Pantai Teluk Awur Jepara, Kunjungi Sekarang Juga Ya!

Pantai Teluk Awur – Seperti yang kita tahu bahwa selain kesenian ukirnya, Jepara juga terkenal dengan destinasi wisata alam yang mempesona. Dimana sebagian wilayahnya didominasi wisata pantai dan air terjun.

Mungkin bagi kalian sebagian bingung memilih tempat wisata dengan budget minim namun tetap menikmati liburan dan kebersamaan bersama keluarga dan orang terdekat kalian.

Salah satu Destinasi wisata yang bisa menjadi alternatif tempat wisata dengan biaya terjangkau namun memiliki daya tarik yang bisa memanjakan mata anda.

Dimana banyak orang yang masih berasumsi bahwa untuk berlibur ataupun rekreasi itu selalu identik dengan biaya yang tidak sedikit atau mahal.

Sehingga yang menjadi pertimbangan selain waktu ialah masalah keuangan dan pengeluaran.

Kalian juga tak perlu khawatir untuk merogok kocek yang lebih karena dengan biaya yang sangat murah anda bisa menikmati pantai yang satu ini.

Obyek wisata Teluk Awur ini dibuka tanpa tiket masuk selama 24 jam. Sehingga jika kalian hendak berencana belibur ke destinasi wisata pantai ini hanya menyiapakan uang untuk biaya parkir saja.

Teluk Awur juga satu satunya pantai di jepara yang belum dikelola oleh pemerintah daerah. Karena itulah pemandangan dan view dipantai ini masih benar –benar alami tanpa adanya perubahan.

Meskipun begitu kalian juga biasa menikmati keindahan serta kenyamanan ketika bersinggah di Pantai ini. Wisatawan biasanya paling ramai berkunjung pada hari libur.

Pantai ini sukup banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar daerah sepeti daerah kudus, Pati, Demak dan Semarang.

Pantai Teluk Awur sendiri merupakan Sebuah panatai yang berlokasi di Desa Teluk Awur, Tahunan dengan kisaran 4 km dari pusat kota jepara.

Disepanjang panatai ditanamai pohon mangrove yang berfungsi sebagai peneduh dan juga sebagai penahan abrasi.

Sejarah

Konon katanya nama Teluk Awur berasala dari kata “ Teluk” yang artinya adalah takluk dan juga dari kata “ngawur” seperti yang dikatakan oleh leleuhur Joko Wongso.

Joko Wongso sedniri adalah seorang raja yang menyamar menjadi seorang nelayan yang tewas dibunuh oleh pegawai kerajaanya sendiri yaitu seorang perempuan cantik bernama Den Ayu Kuning.

Pembunuhan direncanakan oleh suami Den Ayu Roro Kuning yang bernama Syekh Abdul Aziz karena joko wongso yang hendak mempersunting Roro Kuning.

Konon katanya, mkama Joko Wongso diletakkan dikawasan Pantai Teluk Awur.

Ada hal lain yang menjadikan Teluk Awur menarik perhatain oleh banyak orang bahwa ibu kandung RA Kartini, Ibu ngasirah juga berasal dari Desa Teluk Awur.

Fasilitas

Bukan hanya menyediakan tempat beramin air pantai dengan pasir berwarna kuning.

Disekitar lokasi pantai juga banyak menyediakan kamar bilas bagi para pengunjung untuk keperluan mandi dan ganti baju setelah menikmati pasir pantai. .

Selain itu juga tersedia Rumah makan yang menyediakan berbagai makanan.

Bagi para pengunjung yang membawa anak kecil tidak perlu khawatir karena juga disediakan wahana bermain ditempat ini.

Kalian bisa menikmati permainan Duck Buoy yaitu pelampung bentuk bebek dan Donut Buoy artinya pelampung ban dalam. Bahkan ada Banana Boat, Flying Fish Boat serta Jet Sky.

Selain itu juga ada fasilitas memamncing dikawasan pantai. Penduduk disekitar Pantai banyak yang menyediakan peralatan memancing untuk disewakan.

Sehingga bisa melengkapi kesenangan anda dalam berwisata. Jika anda menginginkan menginap disekitar obyek wisata ini juga tersedia berbagai Tempat penginapan.

Beberapa hotel dan tempat penginapan disekitar Pantai Teluk seperti Jepara Beach , Joglo Putu Inten Resort, dan Bayfront Villa jepara.

Mitos

Berdasarkan dari cerita masyarakat sekitar Pantai Teluk menyatakan Bahwa air pantai memiliki berbagai macam budaya spiritual.

Salahsatunya yaitu dengan mandi di teluk Awur dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

Obyek Wisata Lain

Selain pantai kalian juga bisa mengunjungi tempat wisata lain dijepara ataupun juga bisa melihat sentra ukir disepanjang jalan menuju Teluk Awur.

Sedangkan beberapa obyek wisata yang terdekat dengan Teluk Awur adalah Pantai Kartini dan Benteng VOC Jepara.

Itulah yang bisa kami sampaikan terkait dengan pantai teluk awur jepara yang sampai sekarang ramai dengan pengunjungnya. Oiya baca juga ya tulisan kami sebelumnya tentang air terjun di jepara.

One thought on “√ Inilah Pantai Teluk Awur Jepara, Kunjungi Sekarang Juga Ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.