Universitas Terbaik Di Indonesia
Universitas Terbaik Di Indonesia

√ 7+ Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2020 (Update)

Universitas Terbaik di Indonesia – Universitas Terbaik di Indonesia adalah hal yang penting pada masa tahun ajaran baru, siswa-siswi yang baru lulus pendidikan Sekolah Menengah Atas tengah kemudian lanjut kuliah.

Pada siswa yang duduk di kelas 3 SMA ini sudah memikirkan untuk kuliah dimana anda akan mengambil jurusan kuliah apa nantinya. Untuk menolong Anda mencari perguruan anda menuntut ilmu terbaik, pada kali ini anda akan membahas tentang peringkat Universitas di Indonesia 2020.

Pada siaran pers yang dsiarkan pada Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi tanggal 21 Agustus 2019, universitas terbaik dapat dilihat dari 4 komponen utama yaitu kualitas sumber daya alam, kualitas kelembagaan, kualitas kegiatan kemahasiswaan, juga kualitas penelitian dengan publikasi ilmiah.

Sesudah diumumkan 1 perguruan tinggi di Indonesia tanggal 17 Agustus 2019 lalu, Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan memberikan pada 100 besar Perguruan Tinggi non Politeknik serta 25 besar Perguruan Tinggi Politeknik di Indonesia.

Daftar perguruan tinggi ini adalah data resmi pada Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan maka bisa digunakan untuk informasi yang valid untuk Anda. Sebab hal yang anda tau bahwa pada era saat ini sudah banyak informasi-informasi yang berkata valid namun belum tentu kebenarannya.

Daftar Universitas Terbaik di Indonesia Update 2020

Dibawah adalah informasi mengenai 7 Universitas terbaik di Indonesia 2020 Riset Dikti yang ada pada kelompok non-politeknik (universitas, institut, dan lainnya):

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada
Universitas Gadjah Mada

Peringkat Universitas di Indonesia 2020 dikti yang pertama diduduki oleh Universitas Gadjah Mada. Universitas negeri ini adalah salah satu universitas tertua di Indonesia sudah ada pada tahun 1949.

Anda bisa mendapat Universitas Gadjah Mada ini tepatnya di Caturtunggal, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pilihan fakultas ini cukup banyak, sebab ada 18 fakultas, 1 sekolah lokasi lebih dari 100 program studi di universitas yang satu ini.

Untuk sarana dan prasarana Anda tidak harus khawatir seba Universitas Gadjah Mada mempunyai sarana dan prasarana yang sangat lengkap dan memadai dan berbobot. Dan hal yang paling penting lagi, Universitas Gadjah Mada ini masuk pada deretan universitas paling bagus di dunia.

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung
Institut Teknologi Bandung

Jaman dahulu perguruan tinggi yang satu ini hanya sebagai lembaga pendidikan tinggi pertama yang berada di Hindia Belanda. Pada tanggal 2 Maret 1959 dulu, universitas yang satu ini resmi berdiri menjadi sebuah perguruan tinggi negeri yang berada di Kota Bandung.

Insititut Teknologi Bandung ini berada pada posisi kedua hubungan dari Universitas Negeri terbaik di Indonesia serta menjadi tempat pada jaman presiden Indonesia pertama yaitu Soekarno mendapat gelar insinyurnya.

Untuk informasi tambahan bagi Anda, Institut Teknologi Bandung sampai saat ini mempunyai 27 program studi yang sudah memiliki akreditasi secara internasional.

3. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Institut Pertanian Bogor
Institut Pertanian Bogor

Pada jaman dahulu Institut Pertanian Bogor ini adalah sebuah fakultas pertanian yang berada di Universitas Indonesia.

Akan tetapi, pada tahun 1963 fakultas pertanian ini resmi berdiri sendiri untuk sebuah universitas mandiri. Sampai pada saat ini, Institut Pertanian Bogor masih menduduki posisi ketiga dengan terkait peringkat Universitas Negeri di Indonesia 2018.

Anda bisa mendapat kampus-kampus Institut Pertanian Bogor di tempat-tempat yang tidak sama sebab IPB mempunyai 5 kampus.

4. Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia
Universitas Indonesia

Mempunyai motto “Veritas, Probitas, Lustitia”, Universitas Indonesia yang ada di utara Kota Depok ini sudah memberikan lebih dari 400.000 alumni.

Apabila dilihat sejarahnya, Universitas Indonesia memang mempunyai sejarah yang cukup banyak sebab sudah berdiri pada zaman pemerintahan Hindia Belanda.

Universitas Indonesia dikenal sebagai kampus modern yang komprehensif, terbuka, multibudaya, dan humanis yang mencakup disiplin ilmu yang luas. Untuk informasi tambahan, Universitas Indonesia ini mendapat posisi ke 277 peringkat dunia berdasarkan data dari QS World University Ranking.

5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Ketika mencari perguruan tinggi terbaik di Indonesia? Mungkin Institur Teknologi Sepuluh Nopember yang ada di Surabaya dapat menjadi tempat Anda meneruskan pendidikan.

Dikenal perguruan tinggi sains dan teknologi terbaik di Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember ini sudah cukup populer di Kota Surabaya.

6. Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro
Universitas Diponegoro

Berdiri pada tahun 1956, Universitas Diponegoro yang berada pada Kota Semarang ini mempunyai 11 fakultas dan 2 Sekolah dengan rincian mempunyai 21 program studi diploma III (D3).

51 program studi Sarjana (S1), dan 35 Program Studi Magister (S2), dan ada 18 Program Pendidikan Dokter Spesialis, 3 Program Profesi dan 13 Program Studi Doktor (S3).

Mempunyai motto “An Excellent Research University”, nama Universitas Diponegoro diberitakan terinspirasi pada sosok seorang pahlawan Indonesia yang mempunyai semangat berapi api yaitu Pangeran Diponegoro.

Pada lokasi kampus sendiri, gedung kampus Universitas Diponegoro sebanyak 7 kampus yang tersebar pada beberapa titik di Kota Semarang.

7. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga
Universitas Airlangga

Pada umunya diringkas menggunakan nama UNAIR, perguruan tinggi negeri yang satu ini dikenal dengan sistem pembelajaran memiliki berkualitas dengan adanya dosen-dosen yang berkualitas dan memiliki pengalaman di dalamnya.

Tidak hanya itu saja, UNAIR juga didukung menggunakan sederetan fasilitas yang memadai maka Anda pun akan merasa cukup nyaman saat mencari ilmu disini. Untuk gedung kampusnya sendiri, UNAIR mempunyai 3 kampus yaitu Kampus A, Kampus B, dan Kampus C yang tersebar pada beberapa titik di Kota Surabaya.

Mungkin itulah yang bisa kami tuliskan mengenai universitas terbaik di indonesia, oiya kalian juga bisa membaca smp terbaik di indonesia di artikel sebelumnya. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.